Astra Digital - Angkasa Pura II Teken MouU Hadirkan Layanan Digital di Bandara Soekarno-Hatta


JAKARTA (09/10). Astra Digital dan Angkasa Pura II sepakat menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) sebagai langkah awal dalam bekerja sama guna menghadirkan layanan di serba digital di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tingginya mobilitas masyarakat di era digital ini harus diimbangi dengan transportasi yang praktis dan mudah. Menyikapi hal ini, PT Astra Digital Internasional bersama PT Angkasa Pura II (Persero) ingin memfasilitasi kebutuhan mobilitas itu menjadi pengalaman yang lebih baik.

Astra Digital dan Angkasa Pura II sepakat menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) sebagai langkah awal dalam bekerja sama guna menghadirkan layanan di serba digital di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

MoU tersebut ditandatangani hari ini, Rabu 9 Oktober 2019, oleh Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, disaksikan oleh Direktur PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko.

Penandatanganan MoU dilakukan di APSpace yang merupakan coworking space premium pertama di Indonesia yang terletak di bandara, tepatnya di Terminal 3 Soekarno-Hatta. APSpace merupakan hasil kolaborasi antara PT Angkasa Pura Solusi, dengan Unionspace yang memiliki reputasi global di bisnis coworking space.

Adapun melalui MoU yang ditandatangani hari ini, Astra Digital nantinya akan menyediakan tiga layanan berbasis aplikasi di Bandara Soekarno-Hatta yaitu Cariparkir untuk memesan slot parkir reguler dan parkir inap khusus mobil, lalu Movic untuk penyewaan mobil dan Sejalan untuk memesan tiket bus.

“Astra Digital berinovasi dan memberikan pelayanan mobilitas yang berbasis digital di bandara. Jadi, masyarakat dapat menikmati kemudahan memarkirkan kendaraan, menyewa mobil, hingga memesan tiket bus melalui layar ponsel,” kata Presiden Direktur PT Astra Digital Internasional Djap Tet Fa.

Untuk produk Astra Digital, akan melayani mulai dari CariParkir dengan valet parking dan servis kendaraan (CariServis), lalu Movic akan melayani melalui Airport Rent yang tersedia di Terminal 1, 2, dan 3. Kemudian Sejalan nantinya akan melayani booking tiket bus di bandara.

"Semua ini untuk memberikan pengalaman digital yang membuat masyarakat nyaman ke bandara dan seru di bandara. Jangan lupa untuk merasakan kemudahannya dan makin sering bepergian,” kata Djap Tet Fa.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan layanan Cariparkir, Movic, dan Sejalan ini sesuai dengan upaya perseroan dalam menghadirkan layanan berkonsep millennial travel experience di seluruh bandara yang dikelola termasuk Soekarno-Hatta.

Melalui program millennial travel experience, peningkatan layanan di bandara-bandara Angkasa Pura II dilakukan dengan digitalisasi.

“Sekitar 60-70% penumpang pesawat di Soekarno-Hatta adalah generasi millennial sehingga tentunya Angkasa Pura II juga melakukan transformasi digital guna mengakomodir kebutuhan mereka. Di era digital ini penumpang butuh kecepatan dan kenyamanan, itu bisa didapat dari teknologi,” ujar Muhammad Awaluddin.

“Kami berharap MoU antara Angkasa Pura II dan Astra Digital ini dapat membuka kesempatan untuk berkolaborasi lebih luas lagi sehingga kedua pihak bisa menghadirkan layanan berbasis digital di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” jelas Muhammad Awaluddin.

Melalui transformasi digital, Angkasa Pura II terus melakukan upaya peningkatan pelayanan di bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II.

Digitalisasi yang dilakukan di samping demi peningkatan pelayanan juga diharapkan menjadi sumber pendapatan baru bagi perseroan.

"Angkasa Pura II tengah fokus mencari sumber pendapatan dari bisnis non-core dan salah satunya kami melihat adanya peluang untuk menjadikan area digital sebagai sumber pendapatan yang baru," jelas Muhammad Awaluddin.

Astra Digital dan Angkasa Pura II akan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanannya secara digital kepada seluruh masyarakat. Tidak tertutup kemungkinan Astra Digital menambah pelayanannya di bandara selain yang disebut di atas.

Tentang Astra Digital

Astra Digital, yang dinaungi PT Astra Digital Internasional, merupakan inisiasi dan inovasi digital dari PT Astra International Tbk, live di publik sejak 2018 menyediakan layanan berbasis teknologi melalui berbagai platform untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern Indonesia.

Produk dari Astra Digital adalah Seva.id, CariParkir, Sejalan, dan Movic. Seva.id adalah marketplace otomotif dan properti, lalu CariParkir adalah aplikasi untuk perparkiran, Sejalan adalah aplikasi ride sharing, dan terakhir Movic adalah marketplace rental kendaraan.

Astra Digital hadir untuk memberikan solusi yang lebih terintegrasi, inovatif, relevan, customer-oriented, serta agar dapat mempererat hubungan dengan pelanggan, khususnya dengan generasi milenial.

Tentang Angka Pura II

Sejak transformasi digital dicanangkan oleh Angkasa Pura II sekitar 3 tahun lalu, telah lahir beberapa produk layanan berbasis teknologi seperti aplikasi Indonesia Airports di platform iOS dan android. Aplikasi tersebut memiliki sejumlah fitur yang dapat memberikan pengalaman terbaik bagi penumpang pesawat mulai dari pemesanan tiket penerbangan, E-check in, jadwal penerbangan, hingga streaming video on demand.

Produk transformasi digital lainnya adalah iMATE Lounge (i-Millennial Airport Travel Experience Lounge) yang menyediakan virtual assistant, digital wayfinding, informasi pariwisata hingga melakukan reservasi perjalanan.

Tidak hanya itu, personil keamanan dan pelayanan di Soekarno-Hatta sekarang dilengkapi dengan gadget guna pelayanan yang lebih cepat dan optimal. Personil yang dilengkapi gadget ini dikenal dengan nama Digital Officer (with) Digital Device (DODD) yang apabila meminjam istilah Presiden Jokowi kita sebut juga dengan petugas Dilan (Digital Melayani).

Editor: Administrator 3
Publisher