Bank DBS Indonesia Bantu Nasabah Korporasi Menjalankan Bisnis di Tengah Pandemi


Jakarta, 14 Agustus 2020 - Pandemi Covid-19 membuat semua pelaku usaha berpikir kembali dalam menjalankan operasi bisnis mereka. Salah satunya adalah perusahaan pengelola dana PT Trimegah Asset Management. Head Operation and Settlement, PT Trimegah Asset Management, Vega Henrietta mengatakan, "Kami tidak menyangka virus ini akan berdampak pada kami karena SARS tidak berdampak pada kami. Nyatanya, tidak ada virus mematikan lainnya dari negara lain yang pernah berdampak sebesar ini di Indonesia."

Ketika jumlahnya bertambah dan memuncak menjadi 117 kasus di pertengahan Maret, PT Trimegah mengambil tindakan dan memerintahkan para staf untuk bekerja secara digital dari rumah. Ini adalah sebuah cara kerja yang baru dan menimbulkan masalah kecil yang mengganggu. Di antara beberapa masalah utama yang menjadi perhatian adalah apakah sistem IT PT Trimegah dapat menyediakan koneksi yang mulus untuk pekerjaan mereka.

Dengan aset sebesar sekitar Rp15 triliun di bawah pengelolaan PT Trimegah, masalah utama yang dihadapi Vega adalah menyelesaikan secara daring transaksi dengan kontrak yang baik. Biasanya yang dilakukan adalah meminta klien mengirim salinan perjanjian yang telah ditandatangani melalui mesin faksimile (fax) tetapi hal ini menjadi halangan ketika karyawan harus bekerja dari rumah.

"Kami meyakinkan klien-klien kami bahwa pekerjaan kami akan tetap berjalan mulus karena kami memiliki dukungan IT dan vendor yang sangat baik, dan kami berkoordinasi langsung dengan bank kustodian kami, Bank DBS Indonesia, dan para pialang juga Bursa Efek Indonesia," tambah Vega.

Untungnya, Bank DBS sudah memiliki beberapa sistem untuk membantu basis investor institusionalnya dalam mendigitalkan operasi finansial mereka. DBS IDEAL, platform perbankan daring korporasi milik Bank DBS, adalah solusi sempurna untuk PT Trimegah dalam membantu operasional sehari-hari.

"Kebanyakan nasabah kami sudah memiliki platform ini, namun belum seluruhnya menggunakan fitur-fitur yang tersedia secara menyeluruh. Masih banyak yang menggunakannya untuk hal-hal dasar seperti memeriksa saldo rekening dan tidak memanfaatkan seluruh fungsinya.

Ketika kami mulai bekerja dari rumah di awal bulan Maret, kami telah mengantisipasikan kebutuhan nasabah dalam menggunakan beberapa fitur IDEAL yang lebih canggih dan membantu mereka secara komprehensif,” ujar Executive Director Head of Financial Institutions Group Bank DBS Indonesia, Sabina Susie Kosasih.

Melihat kebutuhan nasabah untuk dapat segera mahir menggunakan layanan DBS IDEAL, Bank DBS Indonesia memusatkan perhatian pada kebutuhan mereka secara spesifik, terutama dalam mengotentikasikan transaksi digital. Bank DBS Indonesia juga mempercepat proses pengaturan layanan yang dibutuhkan dan siap sedia 24 jam seminggu untuk menyelesaikan masalah apa pun.

"Semuanya dilakukan untuk mereka melalui jaringan digital kami dan kami memiliki tim pendukung yang membantu setiap orang untuk menjalankan IDEAL dengan lebih percaya diri sesuai dengan kebutuhan mereka dan didukung oleh tim kami yang selalu siap setiap saat," tambah Susie.

"Kami mendapati bahwa bekerja dari rumah kini bisa jadi sebuah solusi jika di masa datang kita menghadapi situasi yang membuat kita tidak bisa ke kantor. DBS IDEAL dapat membantu kami memantau transaksi kami dan menjalankan persetujuan harian kami,” ujar Vega. Dengan DBS IDEAL, PT Trimegah dapat melakukan otentikasi transaksi secara digital.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar, berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS berada dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" bank DBS termasuk yang tertinggi di dunia.

DBS dikenal dengan kepemimpinan globalnya, dan telah dinobatkan sebagai “World’s Best Bank” oleh Euromoney, “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance. Bank DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, yang diberi nama “World’s Best Digital Bank” oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia” dari Global Finance selama sebelas tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2019.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan. DBS bertekad membangun hubungan langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank DBS mengakui gairah, tekad, dan semangat 29.000 karyawannya, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher