Bank DBS Indonesia Kembali Adakan Program SE Bootcamp Demi Kembangkan Wirausaha Sosial di Indonesia


Jakarta, 5 November 2019 - Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation bersama Instellar menghadirkan program Social Enterprise (SE) Bootcamp 2019, suatu program akselerasi untuk para pebisnis muda Indonesia yang berfokus pada penyelesaian masalah sosial melalui inovasi bisnis. SE Bootcamp 2019 tahun ini tidak hanya menerima pendaftar wirausaha sosial tetapi juga usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin memberikan dampak sosial melalui bisnisnya. Para wirausaha sosial dan UKM yang berpartisipasi menyerahkan proposal (pitch deck) sebagai syarat yang nantinya akan diseleksi oleh DBS Foundation dan Instellar. Proposal yang diajukan dapat berupa bisnis yang baru berjalan dua hingga lima tahun.

Program SE Bootcamp 2019 mendapat sambutan yang baik bagi pelaku UKM dan wirausaha sosial Indonesia terbukti dengan terdapat hampir 250 pendaftar. Saat ini lima belas wirausaha sosial Indonesia telah lolos proses seleksi dan siap untuk mengikuti program SE Bootcamp 2019. Yuk, simak ke-15 wirausaha Indonesia yang sedang mengembangkan bisnisnya dengan inovasi produk dan solusi sosial!

1. Tanijoy

Tanijoy merupakan perusahaan startup yang bertujuan untuk membentuk ekosistem pertanian dan menghubungkan petani melalui teknologi. Tanijoy menggunakan teknologi, memberdayakan masyarakat lokal, meningkatkan pendapatan petani, menciptakan agripreneur baru di pedesaan, dan berkolaborasi dengan pihak lain untuk membangun sektor pertanian yang lebih baik.

2. Wise Steps Travel

Wise Step Travel merupakan salah satu pelopor biro perjalanan yang berkelanjutan dan edukatif di Indonesia. Bertujuan untuk memberikan wawasan budaya setempat, Wise Steps Travel menawarkan rangkaian pengalaman perjalanan yang kaya akan budaya lokal bagi pelanggan dan juga informasi serta wawasan dari pelanggan bagi komunitas setempat.

3. Pandawa Agri Indonesia

PT Pandawa Agri Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agrokimia. Perusahaan yang berbasis di Jakarta dan Surabaya ini bertujuan membuat pertanian yang sehat melalui berbagai produk inovasi.

4. Ecodoe

Wirausaha sosial yang bergerak dalam sektor e-Commerce, Ecodoe menawarkan souvenir dan hadiah buatan tangan untuk perusahaan dan klien pemerintah. Ecodoe memberdayakan pengrajin lokal untuk menyediakan lini produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Ecodoe menggunakan konsep shared-economy di mana Ecodoe bekerjasama dengan pengrajin lokal dalam menyediakan produk souvenir terbaik.

5. Sidina Sejahtera Abadi

Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur ini memproduksi souvenir ramah lingkungan dalam bentuk tas untuk perusahaan. Sidina bekerja sama dengan siswa Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Ginus Itaco mulai dari sekolah menengah pertama hingga atas dalam memproduksi souvenir dengan kualitas terbaik dan ramah lingkungan. Sidina bertujuan memberikan kesempatan dan pengalaman kerja bagi siswa sehingga menjadi lulusan dengan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja.

6. Belimbing Island

Belimbing Island merupakan UKM asal Kota Depok yang bergerak di bidang produk kecantikan. Belimbing Island menyediakan ragam produk perawatan kulit dengan bahan dasar kulit belimbing. Belimbing Island bertujuan untuk melestarikan kembali buah belimbing dewa yang menjadi ciri khas Kota Depok yang mulai dilupakan. Belimbing Island bekerja sama dengan petani lokal sebagai pemasok utama.

7. Studio Dapur

Studio Dapur bekerja sama dengan pengrajin bambu di sebuah desa kecil di kaki bukit Galunggung, Singaparna, untuk meningkatkan mata pencaharian dan ekonomi mereka dengan kerajinan Bambu Artisanal.

8. Lingkaran

Lingkaran merupakan platform edukasi wirausaha yang berbasis di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Bertujuan mengurangi kesenjangan antara edukasi formal yang didapat dari sekolah dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia profesional.

9. Eatever

Eatever merupakan platform penyedia jasa konsumsi pangan harian yang halal bagi perusahaan maupun individu melalui website. Upaya dalam mewujudkan platform penyedia jasa catering halal. Eatever juga membantu mitranya untuk membangun sistem jaminan halal sehingga dapat membantu proses sertifikasi halal.

10. Peek.Me Naturals

Peek.Me Naturals merupakan penyedia produk dan layanan konsultasi di bidang aromaterapi. Wirausaha sosial asal Jakarta ini memiliki visi meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan yang preventif dan holistik, meningkatkan kualitas hidup, serta mewariskan nilai tersebut untuk generasi selanjutnya.

11. Sunkrisps

Sunskrips merupakan penyedia makanan sehat dengan bahan dasar sayur yang dengan tinggi nutrisi. Melalui berbagai produk inovasinya, Sunkrips memiliki visi menutrisi anak-anak dan menciptakan generasi yang lebih baik dengan mengajak masyarakat hidup lebih sehat, melalui makanan olahan rumahan yang bebas gluten, susu maupun telur.

12. Waste4Change

Waste4Change (W4C) adalah wirausaha sosial yang didirikan pada tahun 2014 dengan misi memberikan layanan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab untuk Indonesia bebas sampah. Layanan pengelolaan sampah menyeluruh yang terdiri dari Consulting, Campaigning, Collecting, and Creating produk daur ulang untuk lingkungan yang berkelanjutan.

13. Mahoni Edukasi Digital

Perusahaan pengembang aplikasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi secara digital dan gratis menyediakan lebih dari 2.000 e-book untuk SD, SMP, SMA, dan SMK. Mahoni Edukasi Digital memberikan akses edukasi yang mudah dan dengan harga terjangkau melalui satu aplikasi. Melalui program Buku Sekolah Digital (BSD), Mahoni Edukasi Digital bertujuan untuk meningkatkan kualitas edukasi yang dapat dijangkau secara mudah oleh masyarakat.

14. Nanobubble ID

Nanobubble ID memproduksi mesin generator nanobubble pertama di Indonesia. Memanfaatkan kecanggihan teknologi Nano dan Internet of Things (IoT), Nanobubble ID berkontribusi meningkatkan produktivitas nelayan dan menjaga kualitas air.

15. Rahsa Nusantara

Rahsa Nusantara merupakan wirausaha sosial yang bergerak di bidang produk rempah-rempah. Terinspirasi dari warisan turun-temurun, Rahsa Nusantara mengolah rempah-rempah menjadi produk klasik dan kontemporer untuk dikonsumsi sehari-hari.

SE Bootcamp 2019 terdiri dari serangkaian workshop, aktivitas, dan kunjungan ke salah satu wirausaha sosial yang sukses menjalankan bisnis berkelanjutannya. Lebih lanjut lagi, para peserta juga akan mengimplementasikan materi yang didapatkan ke dalam bisnis mereka yang akan dievaluasi oleh para ahli untuk membenahi hasil karya setiap peserta. Para peserta akan berkesempatan untuk bertemu calon investor penyandang dana melalui SE Bootcamp 2019. Dua wirausaha sosial dengan bisnis model terbaik selama program ini berkesempatan untuk mendapatkan DBS Foundation – Instellar Social Impact Prize senilai total SGD 20.000.

“Kami melihat antusiasme yang cukup tinggi terhadap program ini dilihat dari banyaknya pendaftar. Hal ini mencerminkan bahwa semakin banyak bisnis dengan ragam inovasi yang dapat menjawab isu permasalahan sosial. Kami telah menyiapkan rangkaian pelatihan dan pembinaan intensif untuk para wirausaha dan wirausaha sosial untuk dapat mengembangkan bisnis mereka. Tema bootcamp tahun ini juga sangat spesifik yaitu Strategic Finance. Sejalan dengan komitmen Bank DBS Indonesia sebagai lembaga perbankan untuk memajukan industri wirausaha sosial di Indonesia, kami berharap melalui program SE Bootcamp 2019 akan lebih banyak lagi tumbuh wirausaha sosial yang dapat bertahan secara bisnis sekaligus memberikan dampak sosial yang berkelanjutan,” ujar Mona Monika, Executive Director, Head of Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar. DBS berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" Bank DBS termasuk yang tertinggi di dunia.

DBS dikenal dengan kepemimpinan globalnya dan dinobatkan sebagai “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan "Best Bank in the World" oleh Global Finance. Bank DBS berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan dan disebut "World’s Best Digital Bank" oleh Euromoney. Selain itu, DBS memperoleh penghargaan “Safest Bank in Asia” dari Global Finance selama sebelas tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga 2019.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan tersebut. DBS bertekad membangun hubungan berkelanjutan dengan nasabah dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan wirausaha sosial dengan cara bank Asia. DBS juga mendirikan yayasan dengan dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional yang ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank ini mengakui gairah, komitmen, dan semangat dari 27.000 karyawannya, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

Editor: Administrator 3
Publisher