Bisnis Perbankan Korporasi Bank DBS Indonesia Bertumbuh Positif di Paruh Pertama Tahun 2017


Jakarta, 11 Oktober 2017 – Sepanjang paruh pertama tahun 2017 (1H2017), PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) menjaga momentum baik dengan menorehkan hasil kinerja segmen bisnis perbankan korporasi (Institutional Banking) yang positif. Pendapatan (revenue) Bank DBS Indonesia untuk bisnis Institutional Banking meningkat 8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (y.o.y).

Peter Suwardi, Vice President Director Bank DBS Indonesia, mengatakan, “Pertumbuhan pendapatan ini didukung oleh beberapa strategi yang diterapkan dan fokus industri selama paruh pertama tahun 2017.” Fokus IndustriMelanjutkan untuk fokus pada 6 (enam) sektor industri; sektor yang dimaksud adalah Barang-barang Konsumsi, Perkebunan, Otomotif, Perdagangan Ritel & Grosir, Kimia & Farmasi dan Penunjang Infrastruktur. Dengan mendukung sektor Infrastruktur, maka juga akan mendukung program Pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur negara. Demikian juga jika fokus di dalam sektor Barang-Barang Konsumsi dan Perdangan Ritel & Grosir, di mana sektor tersebut merupakan sektor yang memiliki tingkat keberlanjutan yang sangat tinggi. Strategi Perbankan Korporasi (Institutional Banking) Bank DBS Indonesia1. Terus memperkuat dan memperluas basis jaringan nasabah (customer franchise)§ Deepen wallet share§ New customers§ Diversified portfolio (diversifikasi portfolio nasabah) 2. Terus memperkuat platform transaction banking dan memperluas lintas penjualan (cross-sell)§ CASA§ Supply chain financing 3. Menembus konektivitas (penetrate connectivity)§ Mengandalkan keberadaan jaringan konektivitas DBS Group§ Nasabah-nasabah multinational companies 4. Penerapan digitalisasi§ SME dan layanan express loan§ Platform IDEAL Prestasi perbankan korporasi selama 1H2017 (Significant Deals) – dalam tabel:

Sektor Industri

Product

TELECOMMUNICATIONS

Long Term Loan

PALM OIL

Long Term Loan

OTHER NBFI

Syndicated Loan

OIL & GAS

Syndicated Loan

TELECOMMUNICATIONS

Debt Capital Market

TELECOMMUNICATIONS

Debt Capital Market

REAL ESTATE

Debt Capital Market

ENERGY

Global bonds

MFG-TEXTILES NEC

Global bonds

MANUFACTURE OF FURNITURE

IPO

E-COMMERCE

CASH

REAL ESTATE

CASH

Kualitas kredit terus dijaga dengan berpedoman pada prinsip kehati-hatian. NPL net DBS Indonesia yaitu sebesar 1,85%. Angka ini lebih baik dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu sebesar 2,03%.

Institutional Banking terus memberikan hasil dari strateginya untuk memperdalam hubungan perbankannya dengan para nasabah. Di paruh pertama tahun 2017, segmen bisnis ini berkontribusi 46% dari total pendapatan Bank DBS Indonesia (1H2017).

Peter Suwardi menyatakan optimisme bahwa revenue perbankan korporasi di Bank DBS Indonesia dapat bertumbuh di kisaran 10% y.o.y di akhir tahun 2017.

Tentang DBS Living, Breathing AsiaDBS adalah layanan finansial terkemuka di Asia, dengan lebih dari 280 cabang di 17 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS memiliki pertumbuhan yang pesat di tiga area Asia: Cina Daratan, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Posisi utama bank, dan juga predikat “AA-“ dan “Aa1”, merupakan yang tertinggi di Asia- Pasifik. DBS telah dikenal dengan kepemimpinannya di regional ini, dan disebut sebagai “Asia’s Best Bank” oleh The Banker, anggota dari grup Financial Times, dan “Best Bank in Asia-Pacific” oleh Global Finance. Bank ini juga dijuluki sebagai “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama tujuh tahun berturut-turut dari 2009 hingga 2015. DBS menyediakan banyak layanan untuk konsumen, usaha kecil dan menengah (SME), dan aktivitas perbankan korporat di Asia. Sebagai bank yang tumbuh dan berkembang di Asia, DBS memahami lika-liku bisnis di pasar paling dinamis di regional Asia. Pandangan pasar ini dan keterhubungan regional telah membantu untuk mendorong pertumbuhan bank sehingga menjadikannya sebagai bank pilihan di Asia. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang dengan para nasabahnya, dan memberi dampak positif kepada komunitas dengan dukungan kepada wirausaha sosial, seiring dengan praktik bisnisnya yang sangat Asia. DBS juga telah menggelontorkan bantuan sebesar SGD 50 juta untuk memperkuat tanggung jawab sosial perusahaannya di Singapura dan daerah Asia lainnya. Dengan jaringannya yang kuat di Asia dan penekanan pada keterlibatan dan pemberdayaan staf mereka, DBS membuka kesempatan berkarir yang menyenangkan. DBS mengakui minat, komitmen, dan semangat kerja pada lebih dari 21,000 staf mereka, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com. Tentang PT Bank DBS IndonesiaDidirikan pada 1989, dan menjadi bagian dari kelompok usaha DBS Group di Singapura, PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) merupakan salah satu bank yang telah berdiri lama di Asia. Dengan 44 cabang dan 1.600 karyawan aktif di 11 kota besar di Indonesia, Bank DBS Indonesia menyediakan layanan perbankan menyeluruh untuk korporasi, usaha kecil dan menengah (SME), dan aktivitas perbankan konsumen. Diakui sebagai “Best Wealth Manager in Indonesia” oleh The Asset dan “Best Foreign Exchange Bank in Indonesia” oleh Global Finance, DBS Indonesia juga merupakan penerima predikat ‘Sangat Baik’ untuk kategori Aset Rp50 Triliun sampai dengan di bawah Rp100 Triliun dari Infobank.

Editor: Administrator 3
Publisher