Bulan Menanam Pohon Nasional, Nestle Indonesia Mengawali Penanaman 10.000 Pohon di Karawang


Karawang, 17 Desember 2021 – Dalam rangka Bulan Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap bulan Desember, Nestle Indonesia melakukan tahap awal program menanam 10.000 bibit pohon di Karawang, Jawa Barat. Bekerja sama dengan komunitas pencinta lingkungan hidup Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai Citarum (Forkadas C+) dan warga Tegalwaru, Karawang Selatan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari program volunteering Nestle Indonesia, KASIH serta sekaligus untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.

Program penanaman 10.000 pohon di tanah seluas 20.000 m2 ini diwujudkan untuk meningkatkan kualitas tutupan hutan dengan membuat prototipe hutan di Karawang, sebagai sarana untuk menjaga kualitas dan kuantitas mata air di bawahnya, serta persiapan untuk mengubah area tersebut menjadi hutan lindung.

Proses penanaman dilakukan menggunakan Metode Miyawaki, penanaman antar bibit pohon yang sangat rapat menggunakan konsep unik potential natural vegetation (PNV). Metode ini berhasil dilakukan di lebih dari 3.000 hutan di dunia, di antaranya Taman Nasional Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Ciremai.

“Sejalan dengan komitmen Nestlé Indonesia untuk mencapai Net-Zero Emisi Karbon pada 2050, kami melakukan berbagai upaya-upaya keberlanjutan untuk mencapai tujuan tersebut guna melindungi, memperbarui dan memulihkan lingkungan dengan mulai menggunakan energi terbarukan, melakukan upaya penanaman pohon dan mempercepat transisi ke sistem pertanian regeneratif di mata rantai pasokan bahan baku pertanian. 

Kami berharap dengan penanaman pohon-pohon ini kualitas tutupan hutan, sumber mata air, dan area hutan lindung dapat meningkat secara signifikan serta memastikan keberlanjutan lingkungan di Karawang. Nestle tidak hanya memproduksi produk yang lezat dan bergizi, tetapi juga ikut berkontribusi untuk lingkungan demi generasi yang akan datang,” ujar Debora Tjandrakusuma, Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia.

Jenis pohon yang ditanam pada 27 November 2021 di antaranya Mahoni Swietenia mahagoni, Kormis Acacia auriculiformis, Cassia Sp., Glodogan Tiang Polyalthia longifolia, Trembesi Samanea saman, Bintaro Cerbera manghas, dan Bunga Kupu-kupu Bauhinia purpurea. Penanaman 10.000 pohon ini diperkirakan kelak akan memiliki daya serap CO2 mencapai 53.091 ton/tahun pada saat umur pohon berusia 3-5 tahun atau setara dengan pohon dewasa.

Pemilihan lokasi penanaman di Karawang yang berlokasi dekat dengan lokasi operasional ??Nestle memperhitungkan beberapa aspek seperti luas tanah, unsur hara tanah, sumber mata air serta cuaca di lokasi tersebut.

Yazid Alfaizun, selaku perwakilan dari Forkadas C+ menyampaikan “Sebagai komunitas yang peduli terhadap lingkungan, kami senang bisa berkolaborasi bersama Nestle dalam mengawali kegiatan menanam 10.000 pohon ini. Selain untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan di Karawang, hal ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah kabupaten Karawang yang tengah mencanangkan penanaman pohon di sejumlah kecamatan saat memasuki musim hujan tahun ini. Kami bangga bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini.”

Sejak tahun 2012, Nestle secara aktif melakukan penanaman pohon di sekitar area operasional bersama dengan karyawan, masyarakat, peternak, petani, dan juga lembaga swadaya masyarakat (LSM). Lebih dari 110.000 pohon telah ditanam guna membantu penyerapan air ke dalam tanah dan juga membantu mengurangi efek gas rumah kaca di atmosfer.

Aktivitas penanaman pohon merupakan wujud dukungan Nestle terhadap program pemerintah menciptakan kesadaran dan kepedulian  masyarakat tentang pentingnya pemulihan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon sekaligus ????mengkampanyekan gerakan penyelamatan lingkungan.

Tentang Nestle Indonesia

Nestle Indonesia adalah anak perusahaan Nestle S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestle telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 187 negara di seluruh dunia, dengan lebih dari 2.000 merek yang memiliki tujuan yang sama yaitu menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang.

Nestle Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan. Nestle Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi berbagai produk susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFE, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain. Tahun ini Nestle Indonesia memperingati 50 Tahun di Indonesia, dan kami bangga dengan pencapaian kami sebagai perusahaan yang sukses yang telah menciptakan manfaat bagi peternak sapi perah, petani kopi, mitra bisnis, pelanggan, konsumen dan masyarakat Indonesia. Kami bersemangat untuk maju bersama Indonesia!

Editor: Marketing Exabytes
Publisher