Danamon Bersama PT BNP Paribas AM,Hadirkan Solusi Investasi ESG dan Prinsip Syariah


Jakarta, 7 Juli 2021 - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan PT BNP Paribas Asset Management (“PT BNP Paribas AM”), bekerja sama dalam menawarkan solusi perbankan dan wealth management untuk memenuhi kebutuhan investasi masyarakat Indonesia.

Sejak awal tahun 2020, pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi perekonomian, dan membawa dampak bagi pasar, perbankan, serta sektor ritel. Meskipun demikian, tren investasi di kalangan masyarakat Indonesia terus meningkat.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, jumlah investor pasar modal meningkat sebesar 24.95% di Triwulan I 2021 dan 38.43% untuk periode Year to Date di Mei 2021, sementara jumlah investor reksa dana meningkat sebesar 31.20% di Triwulan I 2021 dan 47.87% untuk periode Year to Date di Mei 2021.

Kenaikan tren berinvestasi di masyarakat Indonesia disebabkan antara lain oleh karena kesadaran akan kebutuhan berinvestasi yang meningkat dan semakin mudahnya akses informasi masyarakat terhadap produk-produk investasi.

Sementara itu, beberapa tahun terakhir terlihat minat investor yang meningkat pesat pada investasi yang berkelanjutan (sustainable investment), terutama di di Asia-Pasifik, dengan total dana kelolaan per tahun 2020 pada sustainable investment melonjak 131% dari tahun sebelumnya di Asia selain Jepang[1] . Tak hanya itu, sekitar 79% investor di wilayah APAC setuju bahwa investasi berbasis ESG menjadi aspek yang signifikan dalam menanggapi COVID-19[2] .

Hal ini juga terjadi di Indonesia – dan sesuai dengan tren investasi yang kini mengarah ke produk yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, Danamon memperkenalkan dua instrumen investasi terbarunya bermitra dengan PT BNP Paribas AM yakni Reksa Dana Indeks BNP Paribas SRI-Kehati (BNP Paribas SRI-Kehati) dan Reksa Dana Syariah BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD (BNP Paribas GCES USD).

BNP Paribas SRI-Kehati berupaya mengajak investor untuk peduli terhadap pelestarian lingkungan dan sosial. BNP Paribas SRI-Kehati menggunakan Indeks SRI-Kehati yang diluncurkan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (“Yayasan KEHATI”), terdiri dari 25 emiten atau perusahaan terbuka yang telah dipilih oleh Yayasan KEHATI dengan memperhatikan prinsip ramah lingkungan (Environmental), kontribusi masyarakat (Social), serta tata kelola perusahaan yang baik (Governance) atau yang sering disebut sebagai ESG.

Sementara, BNP Paribas GCES USD menawarkan akses dan eksposur penuh ke pasar saham China dan sekitarnya (Greater China), dengan potensi tingkat pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi di kawasan tersebut. Reksa dana syariah berbasis efek luar negeri dalam denominasi USD ini berinvestasi pada sahamsaham pilihan yang mengombinasi prinsip syariah dan filter ESG untuk memberikan hasil investasi jangka panjang dan berkelanjutan di tengah kondisi ekonomi yang kian dinamis.

“Kami harap dua produk yang ditawarkan Danamon dan PT BNP Paribas AM dapat menambah opsi instrumen investasi yang sesuai bagi kebutuhan masyarakat dan juga sejalan dengan tren global saat ini. Kehadiran dua produk ini juga merupakan bukti nyata komitmen Danamon dan PT BNP Paribas AM dalam membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka,” ujar Wakil Direktur Utama Danamon, Michellina Triwardhany.

Sebagai perusahaan manajer investasi yang hadir menemani perjalanan investasi di tengah dunia yang kian dinamis, PT BNP Paribas AM percaya bahwa sebuah perusahaan harus dikelola secara transparan, bertanggung jawab, serta memberikan dampak positif secara berkelanjutan bagi kehidupan masyarakat sekitar. Selanjutnya, solusi investasi yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan investor.

Presiden Direktur PT BNP Paribas Asset Management Priyo Santoso menyampaikan, “BNP Paribas SRIKehati dan BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD merupakan dua solusi reksa dana kami yang mengintegrasikan filter ESG dalam proses investasinya. Hal ini bertujuan membantu investor mengelola portofolionya karena risk management yang lebih baik. Lewat kerjasama dengan Danamon ini, kami senang bisa turut memberikan peluang investasi yang lebih besar dan edukasi yang lebih luas kepada para nasabah.”

Bersama MUFG, sebagai pemegang saham pengendali dan salah satu institusi keuangan terbesar di dunia, Danamon dapat memberikan nilai jangka panjang ke seluruh pemangku kepentingan dengan jaringan distribusi luas di seluruh provinsi di Indonesia

Dua produk ini diharapkan bisa jadi pilihan nasabah Bank Danamon untuk berinvestasi di era new normal.

Tentang Bank Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (IDX Code: BDMN) yang berdiri sejak 1956, per 31 Maret 2021 mengelola total aset konsolidasi sebesar Rp 193 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% dimiliki oleh publik.

Danamon didukung oleh 846 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, mobile banking melalui aplikasi D-Bank dan D-Card, SMS Banking, serta layanan phone banking melalui Hello Danamon.

Dengan beragam produk dan layanan keuangan, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen termasuk perbankan Konsumer, Usaha Kecil Menengah (UKM), Wholesale (Korporasi dan Komersial), dan Syariah serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance.

Pada bulan Juli 2020, Danamon juga meluncurkan segmentasi Danamon Optimal untuk membantu segmen upwardly mobile dalam mengelola keuangan. Danamon Optimal terdiri dari produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan para individu tersebut, baik dari simpanan, pinjaman hingga asuransi dilengkapi dengan layanan serba digital untuk kemudahan dalam bertransaksi. Danamon Optimal ini diharapkan dapat membantu nasabah yang tergolong dalam segmen ini untuk dapat memegang kendali keuangan mereka dengan mudah dan bijak.

Sebagai bagian dari MUFG , group keuangan global serta bank terbesar di Jepang dan salah satu institusi keuangan termuka di dunia, Danamon akan dapat mengakses kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG untuk melayani nasabah kami dan memfasilitasi pertumbuhan Danamon dalam mewujudkan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Danamon menerima penghargaan sebagai peringkat satu SLE Index 2021 kategori Bank BUKU IV dari ajang Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia dan Infobank. Danamon juga meraih peringkat pertama pada 9th Infobank Digital Brand Awards 2020 dalam kategori Bank Umum Konvensional Modal Inti Rp30 triliun ke atas (BUKU IV) dengan aset di bawah Rp 500 triliun. Di kancah internasional, Danamon juga menjadi Best Digital Bank Indonesia pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2020. Danamon juga menerima penghargaan Asia Traiblazer 2020 dari Retail Banking International (RBI) dengan predikat Highly Commended dalam kategori Best Digital Banking Initiative. Selain itu, Danamon menerima penghargaan 2020 DX Gamechanger dari IDC untuk transformasi digital perusahaan.

Tentang PT. BNP Paribas Asset Management

Berdiri sejak tahun 1992, PT. BNP Paribas Asset Management (“Perusahaan”) merupakan salah satu perusahaan Manajer Investasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan menawarkan jasa pengelolaan investasi bagi nasabah baik institusi maupun ritel, dalam bentuk Kontrak Pengelolaan Dana maupun Reksa Dana. Perusahaan juga bekerja sama dengan beberapa bank, perusahaan efek dan institusi keuangan terkemuka lainnya di Indonesia dalam memasarkan Reksa Dana nya.

Dengan didukung oleh lebih dari 50 (lima puluh) tenaga kerja profesional, perusahaan memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 29,7 triliun(1). Perusahaan telah mendapatkan penghargaan dari berbagai media regional diantaranya “Best Fund House, Indonesia” oleh Asia Asset Management di tahun 2019, “Asset Management Company of The Year – Indonesia” oleh The Asset di tahun 2010, 2011, 2012, 2014, 2015, 2017, 2019, 2020 dan 2021, “Fund House of the Year – Indonesia” oleh Asian Investor di tahun 2012 dan 2017, “Asset Management of the Year” oleh Asia Asset Management di tahun 2010, 2011, 2012, 2014, 2015 dan 2017 serta “Best Islamic Asset Management House of the Year” oleh The Asset di tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020 serta “ESG Asset Mangement Company of the Year” oleh The Asset di tahun 2020. Perusahaan juga telah mendapatkan penghargaan sebagai “Best Investor Education” oleh Asia Asset Management di tahun 2019 dalam komitmennya di bidang edukasi melalui program BNP Paribas AM Investment Academy dan kampanye edukasi #AkuBisaInvestasi.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher