DBS Pelopori Kegiatan Baru melalui Lomba Hackathon Dunia


Singapura, 28 Mei 2019 – DBS Bank mengumumkan peluncuran lomba hackathon dunia, yang telah menarik minat dari lebih dari 1.000 peserta di 25 negara, termasuk Brasil, Jerman dan AS. Hackathon, yang disebut sebagai Pergeseran Paradigma, berfokus membangun pendekatan berbasis pelanggan untuk mengembangkan layanan mutakhir bagi pelanggan yang piawai dalam bidang digital masa kini.

Bank terus menghadapi persaingan ketat dari perusahaan non-keuangan dan harus menemukan kembali dan mengubah diri agar tetap relevan, kata Soh Siew Choo, Managing Director and Head of Consumer Banking and Big Data Analytics Technology, Bank DBS, "Itu menuntut kami melakukan perubahan mendasar dalam cara berpikir dan beroperasi sehingga dapat membangun pengalaman pengguna, yang ulung, bagi pelanggan kami."

DBS berharap menarik minat bakat teknologi terbaik dan tercerdas di dunia untuk menyertakan karya mereka, termasuk pengembang, ilmuwan data, ilmuwan perilaku, perancang UX/UI, sarjana hingga mahasiswa yang sedang mengambil gelar PhD, serta pengusaha. Melalui hackathon, DBS mencari tim dengan konsep kreatif, yang akan membuat kegiatan perbankan menjadi mudah, sehingga pelanggan dapat lebih fokus pada hal penting bagi mereka. Tim dengan kinerja terbaik dapat memperoleh pekerjaan di DBS, dan tim dengan solusi paling mengesankan akan berkesempatan mendapatkan uang tunai dan hadiah. Hadiah itu bernilai 100.000 dolar AS, salah satu yang terbesar di dunia.

Lomba hackathon dunia “DBS Paradigm Shift” akan berlangsung dari 28 Mei hingga 22 September, didukung oleh para mitra, seperti, Amazon Web Services (AWS), Capgemini, Microsoft, QuantumBlack, dan Telstra. Selama lebih dari 17 minggu, seluruh tim akan menggunakan ilham mereka untuk menciptakan konsep dan mengubahnya menjadi purwarupa, yang dapat diterapkan. Hackathon akan fokus pada penggunaan teknologi, seperti, pembelajaran mesin, IoT, AR/VR, untuk membangun pengalaman pelanggan lebih baik. Tim itu akan dinilai berdasarkan atas kebaruan konsep, relevansi, dan dampaknya.

Tahap 1 - Ideate (28 Mei - 5 Juli)

Peminat harus mendaftarkan diri sebagai pribadi dan membentuk tim hingga empat orang. Mereka akan diberi tema tren konsumen untuk membimbing mereka dalam mengembangkan pemikiran mereka. Mereka juga akan memiliki akses ke panel, yang terdiri atas lebih dari 50 ahli dari DBS dan mitra di berbagai bidang spesialisasi, seperti, big data, kecerdasan buatan (AI), realitas campuran, perbankan, keberlanjutan, dan kecenderungan konsumen.

Tahap 2 – Ciptakan sandi untuk mencapai final (13 Juli - 6 September)

Tim dengan konsep paling orisinil dan memiliki pengaruh akan terpilih. Selama delapan minggu ke depan, mereka akan diberi akses ke platform teknologi untuk mengembangkan konsep mereka menjadi purwarupa.

Tahap 3 - Sprint terakhir (21 - 22 September)

Tim terpilih akan bersaing di final melalui sidang paparan maya (virtual pitch). Tim yang memenuhi kriteria penjurian akan memiliki kesempatan meraih hadiah uang tunai dari hadiah senilai 100.000 dolar AS.

Dalam beberapa tahun belakangan, DBS meningkatkan minat dan meluncurkan prakarsa teknologi strategis untuk menjalin kegiatan perbankan ke dalam kehidupan sehari-hari pelanggannya. Itu termasuk meluncurkan platform API perbankan terbesar di dunia, yang memungkinkan DBS bekerja sama dengan lembaga pemerintah, fintech, startup, dan pelanggan UKM-nya; “POSB Smart Buddy”, program tabungan dan pembayaran teknologi pertama di dunia, yang dapat dipakai di sekolah; dan digibank, perbankan digital di India dan Indonesia. Pada tahun lalu, DBS diakui Euromoney sebagai Bank Digital Terbaik Dunia, dan Bank Global Terbaik Tahun Ini oleh The Banker dan Global Finance.

“Sebagai yang yang terdepan dalam inovasi, Capgemini bangga menjadi mitra pertumbuhan terpercaya DBS dalam prakarsa sangat menarik ini. Dengan berbagi keahlian domain, bimbingan, dan program penjangkauan global kami dalam perjalanan ini, kami berharap dapat menjalin kerja sama lebih erat dengan DBS," kata Saumitra Srivastava, Head of Financial Services, Capgemini Singapura

"Lanskap teknologi layanan keuangan adalah ekosistem dari pemain inovatif dan kami sangat senang dengan kesempatan yang diberikan melalui lomba hackathon dunia ‘DBS Paradigm Shift’ untuk mengilhami solusi fintech generasi berikut, yang dibangun di platform Microsoft," kata Kevin Wo, Managing Director, Microsoft Singapura, “Selain membangun sandi terbaik di platform Azure, peserta juga akan diberi pengalaman kolaborasi lengkap melalui Tim Microsoft. Dengan memberdayakan mereka menggunakan aplikasi cloud, yang dibangun menggunakan kecerdasan dan sarana kolaborasi Microsoft, tidak ada batasan untuk yang dapat mereka capai dan kami menantikan inovasi dari lomba hackathon ini."

“Digitalisasi menawarkan kesempatan kepada bank untuk merumuskan kembali bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan mereka dan mewujudkan penggerak pertumbuhan baru. Sebagai contoh, analitik lanjutan dapat mendorong tingkat produktivitas dan personalisasi pelanggan yang jauh lebih tinggi. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan DBS untuk menjelajah wilayah baru berikut dalam perbankan digital," kata Wojtek Krok, Partner, McKinsey & Company (QuantumBlack adalah perusahaan McKinsey)

“Sebagai salah satu mitra inti program, Telstra bekerja bersama tim DBS untuk bersama-sama menciptakan platform ruang kerja digital, yang memanfaatkan komponen otomatisasi dan alur kerja Microsoft Office 365, yang mendorong kolaborasi dengan cara jauh lebih efisien dan ringkas. Ini adalah program sangat menarik dan bermanfaat untuk kami ikuti, dan kami berharap yang terbaik bagi peserta saat mereka memamerkan karya mereka,” kata Sam Bednall, Business Development Executive – Enterprise Services, Telstra

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" bank termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS telah dinobatkan sebagai “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan "Best Bank in the World" oleh Global Finance. Bank ini berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, diberi nama "World’s Best Digital Bank" oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah diberikan penghargaan “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga 2018.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan ini. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan yang langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional yang ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank ini mengakui gairah, komitmen, dan semangat dari 27.000 karyawan kami, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

Editor: Administrator 3
Publisher