Eastspring Mempelajari Bahwa Satu dari Empat Orang Tua di Asia, Optimis Mendidik Anak dalam Pengelolaan Uang


Singapura, 23 November 2020 - Sebuah studi regional besar yang dilakukan oleh Eastspring Investments (“Eastspring”), bisnis manajemen aset Prudential plc senilai USD 220 miliar1 di Asia, menemukan bahwa tiga dari empat orang tua tidak yakin akan keberhasilan mereka dalam mendidik pengelolaan keuangan anak - anaknya.

Studi Money Parenting perdana Eastspring (#MoneyParenting) mensurvei 10.000 orang tua di sembilan pasar Asia untuk mengeksplorasi bagaimana orang tua mendidik anak mereka tentang tanggung jawab finansial. Temuan ini memberikan pandangan yang komprehensif tentang persepsi, kebiasaan dan pengetahuan di antara orang tua Asia tentang pendidikan keuangan, bagaimana sikap dan keyakinan tentang keuangan ini diturunkan kepada anak-anak mereka.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari setengah (51%) dari semua orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak tahu apakah mereka telah menjadi guru dan teladan yang sukses bagi keturunan mereka. Pada saat yang sama, hampir semua (95%) orang tua yang disurvei setuju bahwa pentingnya untuk mengajari anak-anak mereka tentang cara menggunakan dan mengelola uang.

Memang, hampir setengah (43%) orang tua yang disurvei ingin meningkatkan pengetahuan keuangan mereka sendiri untuk menjadi panutan dan guru yang lebih baik. Banyak yang tertarik pada alat pembantu dalam mengajari anak - anak untuk menggunakan dan mengelola uang dengan lebih baik, termasuk aplikasi seluler, program TV, situs web, dan lokakarya yang dapat mereka hadiri bersama anak mereka.

Dari penelitian tersebut, Eastspring mengembangkan Indeks Keyakinan Money Parenting, menunjukkan indeks kepercayaan rata - rata 0,65 di antara sembilan pasar Asia yang disurvei. Indeks tersebut berkisar dari 0,01 hingga 1,00 dengan skor 1,00 yang menunjukkan bahwa orang tua sangat percaya diri dalam mengajar anak mereka mengenai hal uang. Orang tua di Indonesia (0,73) dan Thailand (0,71) memiliki keyakinan tinggi tentang keberhasilan upaya Money Parenting mereka, sedangkan orang tua di Jepang (0,5) dan Korea Selatan (0,59) mencatat tingkat kepercayaan paling rendah.

Mengomentari hasil penelitian, Seck Wai-Kwong, Presiden Direktur Grup Eastspring Investments mengatakan: “Inklusi dan literasi keuangan adalah topik utama bagi kami dan kami bersemangat untuk mendidik generasi berikutnya sehingga anak - anak dapat memahami nilai uang dan mampu membuat keputusan finansial yang terinformasi untuk melindungi masa depan mereka.

“Sebagai Manajer Investasi terkemuka di Asia, kami menyadari tanggung jawab yang kami miliki kepada masyarakat dan diinvestasikan dengan teguh untuk masa depan klien kami dan komunitas tempat dimana kami beroperasi. Kami memainkan peran penting dalam membantu orang tua menjadi teladan yang lebih baik dengan memberdayakan mereka dengan pengetahuan, keterampilan dan alat untuk memberikan bimbingan dan bantuan keuangan terbaik kepada anak - anak mereka dan untuk generasi yang akan datang,” tambahnya.

Temuan utama dari penelitian ini meliputi:

• Indeks Keyakinan Money Parenting Eastspring menunjukkan bahwa orang tua di Indonesia (0,73), Thailand (0,71) dan Vietnam (0,69) adalah yang paling yakin tentang keberhasilan upaya Money Parenting mereka di wilayah tersebut.

• Sebaliknya, orang tua di Jepang (0,5), Korea Selatan (0,59) dan Taiwan (0,61) mencatat tingkat kepercayaan terendah, di bawah rata-rata regional (0,65).

• 43% orang tua yang disurvei ingin mempelajari lebih lanjut tentang pengelolaan uang sehingga mereka dapat menjadi panutan dan guru yang lebih baik. Gaya mengajar orang tua terutama dipengaruhi oleh pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri.

• 35% orang tua ingin tahu apa yang dilakukan orang tua lain untuk mengajari anak mereka tentang uang.

• 59% orang tua melihat tugas Money Parenting sebagai tanggung jawab ibu dan ayah.

• Di 25% rumah tangga, ibu mengambil peran utama dan hanya di 12% itu sebagian besar pekerjaan ayah.

• Sangat sedikit rumah tangga yang 'mengalihdayakan' pekerjaan Money Parenting kepada orang lain

• Mayoritas orang tua mulai mengajarkan teknik-teknik dasar pengelolaan uang ketika anak mereka masih cukup muda

• 37% orang tua percaya bahwa anak-anak harus mulai belajar bagaimana menggunakan uang ketika mereka berusia di bawah enam tahun.

• 30% percaya bahwa seorang anak harus mulai mengelola uang ketika mereka berusia antara 7 dan 10 tahun

• 14% percaya bahwa anak - anak harus mulai belajar bagaimana menggunakan uang ketika mereka berusia antara 11 dan 12 tahun.

Ketidakpastian ekonomi yang diciptakan oleh pandemi COVID-19 berarti bahwa sekarang lebih dari sebelumnya masalah seputar keamanan finansial menjadi yang paling utama di benak semua orang. Pada masa - masa tersebut, anak - anak semakin sadar akan tekanan finansial yang menimpa keluarganya. Melalui inisiatif ini, kami yakin orang tua akan lebih siap untuk membantu generasi berikutnya membuat pilihan finansial yang bijaksana, memahami hal - hal penting tentang uang dan menjalani kehidupan yang sehat secara finansial,” tambah Seck.

Berdasarkan wawasan dari survei ini, Eastspring telah mengembangkan situs mikro khusus untuk membantu orang tua mempelajari lebih lanjut tentang Money Parenting. Untuk memfasilitasi percakapan di antara orang tua tentang topik penting ini, Eastspring berencana meluncurkan halaman media sosial khusus bagi orang tua untuk berbagi pengalaman, teknik dan alat yang mereka gunakan dalam perjalanan Money Parenting mereka.

Survei tersebut mengidentifikasi lima karakter dalam Money Parenting utama yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk lebih memahami gaya pengasuhan mereka sendiri. Ini termasuk The Freestylers, The Facilitators, The Nurturers, The Go-getters, dan The Balancers. Para orang tua kemudian dapat membangun teknik pengajaran individu mereka untuk memberikan hasil belajar terbaik dari anak-anak mereka.

Studi Money Parenting Eastspring, bersama dengan portal pendidikan investor 'Greenhouse', menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberdayakan orang tua dan investor. Upaya ini melengkapi kegiatan pendidikan keuangan lainnya yang dilakukan oleh Prudential plc, termasuk Cha-Ching yang diperkenalkan pada tahun 2009 untuk meningkatkan literasi keuangan pada anak-anak.

Untuk mengunduh laporan Money Parenting Eastspring, silakan kunjungi: www.money-parenting.com

Tentang Eastspring Investments Indonesia

PT Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring Indonesia”) adalah salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia dengan dana kelolaan mencapai lebih dari Rp 80,37 triliun per 30 September 2020, meliputi reksa dana dan diskre. Dengan didukung oleh profesional yang berkualitas dan berpengalaman di bidang manajemen investasi dan reksa dana, Eastspring Indonesia berkomitmen penuh untuk menyediakan jasa keuangan berkualitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan investasi nasabah.

Sejak memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada bulan April 2012, Eastspring telah menerbitkan 15 (lima belas) produk reksa dana, yaitu 2 (dua) Reksa Dana Saham, 3 (tiga) Reksa Dana Pendapatan Tetap, 1 (satu) Reksa Dana Pasar Uang, 4 (empat) Reksa Dana Syariah dan 5 (lima) Reksa Dana Proteksi. Produk reksa dana Eastspring dipasarkan oleh mitra-mitra distribusi terkemuka seperti Ajaib, Bareksa, BCA, Bibit, Commonwealth Bank, CTBC Indonesia, DBS Indonesia, HSBC, Fundtastic, Mandiri Sekuritas, Maybank Indonesia, Moduit, Permata Bank, Phillip Sekuritas Indonesia, Standard Chartered Bank, Tanam Duit.

Tentang Eastspring Investments

Eastspring Investments adalah manajemen aset berbasis di Asia yang mengelola lebih dari USD 220 miliar (per 30 Juni 2020) aset atas nama klien institusional dan ritel. Beroperasi di Asia sejak 1994, Eastspring Investments adalah bisnis manajemen aset Asia milik Prudential plc, grup jasa keuangan internasional, dan memiliki salah satu jejak terluas di seluruh kawasan*. Kami menyediakan solusi investasi di berbagai kelas aset termasuk ekuitas, pendapatan tetap, solusi multi aset, dan alternatif serta berkomitmen untuk memberikan hasil investasi berkualitas tinggi bagi klien kami dalam jangka panjang. Eastspring Investments adalah penandatangan Principles for Responsible Investment (PRI) yang didukung oleh Perserikatan Bangsa - Bangsa, sebuah program sukarela yang mendorong praktik terbaik dalam masalah lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher