Fokus Tingkatkan Literasi Keuangan Dan Jiwa Kewirausahaan Bagi Kaum Milenial


Jakarta, 20 Desember 2018 – Unit usaha syariah dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia(“Allianz Life Syariah”) menggelar acara Seminar Perencanaan Keuangan Generasi Milenialdi Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan. Kegiatan ini merupakan puncakdari rangkaian kegiatan Allianz Syariah Goes to Campus, sebagai bentuk upaya Allianz LifeSyariah meningkatkan edukasi dan mengembangkan literasi keuangan kepada kaummilenial agar dapat mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

“Allianz Life Syariah akan terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan keuangansyariah di Indonesia, khususnya tentu saja di bidang asuransi syariah. Milenial sendirimerupakan generasi yang banyak menentukan tren serta akan menjadi pangsa pasar dalamindustri dalam beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, kami melihat potensi yang besaruntuk mengembangkan bisnis sekaligus memajukan industri asuransi syariah denganmerangkul generasi milenial,” kata Srikandi Utami, Managing Director Sharia Allianz LifeIndonesia.

Dalam seminar yang diikuti oleh para mahasiswa dan dosen Institut Teknologi dan BisnisAhmad Dahlan ini, Allianz Life Syariah menyampaikan materi mengenai perencanaankeuangan yang bertujuan untuk membantu kaum milenial mempersiapkan dan mengaturkeuangannya sehingga tidak menjadi beban finansial keluarga apabila dirinya mengalamidampak dari risiko dalam hidup. Dengan materi ini, kaum milenial juga diharapkan dapatmempersiapkan dan mewujudkan impian di masa depan yang lebih baik. Materi lain yangjuga diberikan adalah mengenai kewirausahaan (entrepreneurship), dimana Allianz LifeSyariah sudah melakukan pengembangan jaringan pemasaran dengan fokus perekrutanterhadap generasi milenial sejak pertengahan tahun 2018 ini.

Termasuk dalam rangkaian kegiatan Allianz Syariah Goes to Campus, sebelumnya, padatanggal 5 Desember 2018, Allianz Life Syariah melakukan seminar asuransi syariah danbusiness talk millenial di STEI Al Ishlah Cirebon dan pada tanggal 11 Desember 2018 telahmelakukan edukasi dan literasi keuangan bekerja sama dengan Asosiasi Fakultas Ekonomidan Bisnis Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AFEB PTM) di Universitas MuhammadiyahMalang.

Kerjasama dengan kampus-kampus ini meliputi kegiatan seperti workshop, pelatihan danmenjadi dosen tamu untuk memberikan materi kuliah mengenai berbagai produk keuanganyang tidak terbatas asuransi syariah saja. Untuk hasil yang konsisten dan efektif, kerjasamaantara Allianz Life Syariah dan kampus-kampus ini bersifat berkelanjutan.“Melalui kerjasama yang dilakukan dengan berbagai kampus ini, kami percaya bisaMenjadikan asuransi syariah sebagai tren di kalangan generasi millennial, dan bisameningkatkan jumlah agen milenial yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 40%.” tutupSrikandi.

Editor: Deni Riaddy
Publisher