HOKI Terus Genjot Penjualan Online di Kuartal I-2021


Jakarta, 22 Juni 2021 – PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen beras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, terus berupaya keras meningkatkan kinerja dengan giat melakukan penjualan via online selain melalui jalur pasar modern (Modern Trade) dan pasar tradisional (General Trade).

Selama 3 bulan pertama 2021 lalu, HOKI mencatatkan pertumbuhan penjualan via online melalui berbagai platform lebih dari 4 (empat) kali lipat dan mencapai Rp5,2 miliar dari Rp900 juta di Kuartal I-2020. Selain itu, dari sisi total penjualan, jika dibandingkan dengan kuartalan sebelumnya, maka penjualan di Kuartal I-2021 ini terus menunjukan tren peningkatan yang dimulai sejak Kuartal III-2020 sebesar 1,74% QoQ meskipun belum berhasil setinggi penjualan di Q1-2020 sebelum pandemi.

Budiman Susilo selaku Direktur HOKI mengatakan, “Pada masa pemulihan ekonomi ini, dengan sudah adanya vaksinasi dari Pemerintah diharapkan pandemi ini bisa segera terkendali. Dengan demikian, kami terus berupaya untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik. Penjualan per kuartal dan via online yang semakin meningkat juga menunjukan adanya perubahan tren konsumsi konsumen di mana HOKI terus menyesuaikan strategi usahanya agar bisa terus bertahan dan tumbuh sehat.”

Pada tahun ini HOKI juga akan terus berupaya melanjutkan pembangunan pabrik, menambah mesin, dan diversifikasi produk baru. Adapun untuk alokasi belanja modal yang digunakan berasal dari internal kas Perusahaan dan pinjaman Bank sebesar Rp100 miliar di mana hingga Kuartal I-2021 sudah digunakan sebesar Rp48,58 miliar.

Rencananya belanja modal akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan pabrik baru di Sumatra Selatan, menambah mesin pengering (dryer machine) dan pecah kulit di pabrik Subang, Jawa Barat, serta investasi diversifikasi produk baru. “Diharapkan adanya strategi-strategi ini dapat memberikan kontribusi yang positif untuk HOKI pada tahun 2021 ini,” ujarnya.

Untuk terus memperluas pasarnya, HOKI juga sedang dalam proses izin dan tahap uji coba untuk diversifikasi produk baru yang akan bergerak di bidang consumer goods melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga. Hal ini merupakan upaya HOKI dalam meningkatkan kinerja dan melihat berbagai peluang yang bisa muncul di tengah pandemi.

“Pada Kuartal I-2021 ini HOKI memperoleh penjualan sebesar Rp240 miliar dan meraih Laba Bersih sebesar sekitar Rp7 miliar. Meskipun mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebagai akibat dari pandemi yang belum sepenuhnya pulih serta masih adanya pembatasan sosial di berbagai wilayah, HOKI tetap berupaya meningkatkan kontribusi penjualan dari channel modern-trade serta akan mencoba wilayah-wilayah yang belum dimasuki.

Pada Kuartal I-2021 ini channel modern-trade cukup memberikan kontribusi yang signifikan, yaitu sebesar 51,85% terhadap total penjualan diikuti oleh pasar tradsional sebesar 16,39%, dan lainnya sebesar 31,76%,” ujar Budiman.

Selain itu, HOKI juga turut aktif dalam upaya mendukung Pemerintah untuk mengurangi emisi karbon. HOKI membuat bahan bakar ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah kulit padi (sekam). Selain itu, sekam ini juga sudah digunakan HOKI sebagai bahan untuk pembangkit listrik. HOKI sudah selesai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sekam di Sumatra Selatan pada tahun 2020 dan telah beroperasi. Hal ini sebagai wujud komitmen HOKI dalam terus menjaga prinsip lingkungan keberlanjutan atau Environmental, Social, and Governance (ESG).

Di mana HOKI telah berhasil mendapatkan sertifikasi keberlanjutan tahun pertama yang diakui secara internasional dari The Planet Mark, Inggris.

“Oleh karena itu, seiring dengan rencana dan strategi tersebut, pada tahun 2021 apabila kondisi perekonomian membaik, kami menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 10-15%. Ke depan diharapkan, HOKI dapat terus menjaga dan meningkatkan kinerja yang lebih baik,” tutup Budiman.

Sekilas PT Buyung Poetra Sembada Tbk:

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”) yang didirikan pada tahun 2003 adalah perusahaan produksi dan distribusi beras di mana awal pendiriannya adalah sebagai bentuk pengembangan usaha dari Toko Buyung Palembang (berdiri sejak tahun 1977) untuk mendistribusikan beras “TOPI KOKI” di Jakarta. Produk HOKI yang paling dikenal adalah merek “TOPI KOKI” dan “HOKI”.

Selain itu, HOKI memproduksi beras dengan merek: Rumah Limas, BPS, Belida (beras pera), dan menjual ke B2B seperti beras menir (Broken Rice) ke pabrik bihun dan untuk keperluan lainnya. HOKI juga memproduksi Beras Private Brand untuk perusahaan atau institusi lain berdasarkan kerja sama yang disepakati.

Pemasaran HOKI selain dilakukan di pasar tradisional (general trade) juga didistribusikan ke pasar modern dengan memasok ke Hypermarket, Supermarket, dan Minimarket. HOKI juga memasarkan produknya melalui Online Marketplace. HOKI memiliki pabrik di Pamanukan, Jawa Barat dan pabrik di Pasar Induk Cipinang. Selain itu, Perseroan juga memiliki gudang di Sidoarjo, Jawa Timur.

Beras produk HOKI berasal dari beras pilihan hasil petani Indonesia, diseleksi dan diawasi secara ketat mutunya oleh ahli beras yang berpengalaman, dan diproses dengan mesin modern sehingga menghasilkan beras berkualitas super dan higienis. HOKI menjaga kualitas produk beras dengan menerapkan standar yang baik, mulai dari proses pengadaan bahan baku sampai kepada proses pengolahannya di pabrik, seperti tahapan penyaringan, pengupasan kulit luar butiran beras, pemisahan dengan benda lain (seperti batu, dll), pemolesan, hingga pengepakan.

Sejak tahun 2017, semua tahap proses produksi beras HOKI telah dinyatakan halal dengan diterbitkannya sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pada bulan Agustus 2020, HOKI memperoleh sertifikasi keberlanjutan yang diakui secara internasional dari The Planet Mark UK yang berlaku hingga 31 Agustus 2021.

Editor: Marketing Exabytes