Kementerian Kesehatan & Menteri Kesehatan Jadi yang Terpopuler di Media Digital Tahun 2021


Jakarta. Kementerian Kesehatan berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori Terpopuler di Media Digital dari Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2021 yang digelar secara virtual pada 17 September 2021.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga memperoleh peringkat kedua untuk kategori Menteri Terpopuler di Media Digital.

“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh AHI. Penghargaan yang diberikan kepada Kemenkes tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam mengelola informasi publik ke depannya,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI drg. Widyawati, MKM.

AHI merupakan ajang kompetisi berbasis penjurian dan monitoring media untuk agenda-agenda keterbukaan informasi publik bagi semua lembaga publik di Indonesia. AHI tahun ini diikuti oleh 107 lembaga publik yang ada di Indonesia.

Secara keseluruhan, penghargaan dibagi dalam beberapa kategori yakni kategori perguruan tinggi, BUMD dan perusahaan daerah layanan publik, BUMN, Kementerian, lembaga, pemda, serta tokoh.

Penilaian dilakukan sepanjang 1 Januari hingga 30 Juni 2021 dari 7.015 sumber media online lokal, 962 sumber media online nasional, 2338 sumber media online internasional serta dari media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Data ini kemudian dihimpun untuk dilakukan penilaian oleh para juri pada 26 Agustus-2 September 2021.

Adapun kriteria penilaian terbagi menjadi 2 yakni tokoh dan organisasi. Untuk kategori tokoh berdasarkan ekspose, komunikasi, interaksi, kepemimpinan dan kebijakan, sementara penilaian organisasi mencakup ekspose, komunikasi, interaksi, kinerja dan prestasi.

Capaian ini tidak terlepas dari kolaborasi dan inovasi yang dilakukan oleh insan humas Kementerian Kesehatan untuk memudahkan akses bagi seluruh masyarakat mendapatkan informasi yang akurat, aktual, terpercaya terutama seputar penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Fungsi strategis media digital tersebut selanjutnya dimanfaatkan sebagai sarana untuk memproduksi berbagai konten yang diharapkan mampu menjadi media edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran serta pemahaman akan pentingnya upaya pencegahan penularan COVID-19.

Asmono Wikan, Founder & CEO PR Indonesia Group mengapresiasi kepada seluruh instansi yang telah berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi bagi peningkatan pengelolaan informasi publik yang lebih baik.

“Kami mengucapkan selamat kepada anda para pemenang, dan juga menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada anda yang telah mengikuti Anugerah Humas Indonesia 2021,” katanya.

Editor: Marketing Exabytes