Kolaborasi Grab dan Lazada untuk Pengiriman Barang Konsumen dengan Lebih Ramah Lingkungan


Jakarta, 8 Maret 2021 - Grab, aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, telah mengumumkan kolaborasinya bersama Lazada, e-commerce terdepan di Asia Tenggara untuk inisiatif pertama yang akan mempromosikan pengiriman paket dengan lebih ramah lingkungan.  Armada  ini berasal dari GrabRental, model bisnis penyewaannya GrabWheels, Grab akan menyewakan motor dari armada GrabWheels untuk mengirimkan paket kepada konsumen Lazada di area Jabodetabek.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari Kampanye #LangkahHijau Grab dan Lazada, salah satu e-commerce terdepan di Asia yang memiliki jaringan logistik yang luas, melalui Lazada Logistics turut berkontribusi dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang berkelanjutan, salah satunya dengan meluncurkan armada motor listrik kolaborasi dengan GrabWheels dari bulan Februari 2021 dan akan diperbanyak berdasarkan kebutuhan di bulan selanjutnya.

Dengan armada ini, Lazada akan dapat memperluas jangkauan logistiknya secara ramah lingkungan di Jabodetabek. Hal ini mencerminkan komitmen bersama Grab dan Lazada untuk menjangkau dan menyediakan solusi yang lebih "hijau" bagi konsumen di Indonesia.

Sebelumnya, Grab juga telah menjalin kerjasama dengan kendaraan motor berbasis listrik asal dalam negeri seperti Viar dan Selis serta brand internasional seperti Kymco dengan menghadirkan perkembangan teknologi kendaraan berbasis listrik untuk mendukung komitmen ini.

Direktur Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani, ATD, MT. turut menyampaikan, “Kolaborasi yang dilakukan oleh Grab dan Lazada merupakan sebuah solusi bersama dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang patut kita apresiasi. Hal ini dapat mempercepat usaha pemerintah dalam memiliki ekosistem kendaraan listrik, sejalan dengan Roadmap Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini, pemain e-commerce lainnya dapat terinspirasi untuk meningkatkan layanannya dengan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.”

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan, “Kami telah bekerja dengan pemerintah dan berbagai mitra lainnya pada sejumlah inisiatif lingkungan hidup, yang mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan motor berbasis listrik di Indonesia serta untuk membangun masa depan yang lebih "hijau" bagi negara. E-commerce telah berkembang pesat selama setahun terakhir dan logistik adalah tulang punggung yang mendukungnya. Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kemitraan kami dengan Lazada untuk mengurangi jejak emisi karbon dalam pengiriman paket mereka, serta memperluas jangkauan logistik mereka."

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer of Lazada Indonesia,  mengatakan, “Lazada menyambut baik kolaborasi membawa kendaraan elektronik ke dalam ekosistem logistik kami dan sangat senang dapat bermitra dengan Grab dalam program ini.

Pembangunan ekosistem e-commerce yang berkelanjutan serta ramah lingkungan memang merupakan komitmen kami, sehingga mengurangi jejak karbon kami dalam mengirimkan paket kepada pelanggan Lazada yang tinggal di Jabodetabek ini menjadi bentuk peran nyata kami. Kemitraan ini dengan Grab ini sekaligus menegaskan komitmen kami dalam memberikan solusi logistik yang berkualitas bagi bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.”

Dalam sebuah riset yang berjudul Studi Lazada tentang Percepatan Transformasi Digital Melalui e-Commerce, salah satu temuan utama adalah peran penting logistik dalam membangun ekosistem digital. Kolaborasi penggunaan motor listrik GrabRental ini adalah bagian dari  komitmen last mile Lazada.

Kendaraan listrik ini dapat menjangkau jarak hingga 130 km dengan kecepatan hingga 100km/jam dan membawa beban hingga 130kg. Sebagai bagian dari kerjasama ini, armada pengiriman di Lazada Logistics akan mendapatkan rangkaian training menggunakan motor listrik GrabWheels sehingga mereka dapat melakukan pengiriman dengan aman dan tepat waktu.

Sejak tahun 2019, Grab secara aktif berkolaborasi dengan pemerintah lokal untuk mengakselerasi transportasi ramah lingkungan dengan kampanye #LangkahHijau. Kolaborasi terbaru ini adalah wujud nyata komitmen berkepanjangan Grab untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik yang sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Tentang Grab

Grab merupakan aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan layanan harian yang berarti bagi pelanggan. Saat ini, Grab telah diunduh di lebih dari 214 juta perangkat mobile, memberikan akses pada jutaan mitra pengemudi, mitra merchant dan agen. Grab menawarkan beragam layanan on-demand di Asia Tenggara, termasuk solusi mobilitas, pengantaran makanan, paket serta barang belanjaan, mobile payment, dan layanan finansial di 397 kota di delapan negara.

(www.grab.com)

Tentang Lazada

Didirikan pada tahun 2012, Lazada Group adalah pemimpin platform eCommerce di Asia Tenggara. Kami mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Dengan jaringan logistik dan pembayaran terbesar di Asia Tenggara, Lazada adalah bagian dari kehidupan sehari-hari konsumen di kawasan ini dan kami menargetkan melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030. Sejak 2016, Lazada merupakan platform utama Alibaba Group di Asia Tenggara, yang didukung oleh infrastruktur teknologi kelas dunia.

Sebagai pionir dari Harbolnas, festival belanja terbesar di Indonesia, Lazada Indonesia fokus untuk membangun bisnis eCommerce yang berkelanjutan melalui kepemimpinan dalam bidang teknologi serta kapabilitas dan infrastruktur logistik. Lazada adalah platform belanja online yang mengkombinasikan interaksi, informasi dan hiburan bagi konsumen melalui konsep shoppertainment.

Lazada berkomitmen untuk memberdayakan pebisnis lokal di Indonesia dengan membangun ekosistem eCommerce end-to-end demi mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, yang didukung oleh kepemimpinan Alibaba dalam ekonomi digital. Beberapa penghargaan telah diraih Lazada selama ini, termasuk diantaranya sebagai Brand of the Year 2018 untuk kategori eCommerce dan marketplace dari Marketeers.

(www.lazada.co.id)

Editor: Marketing Exabytes
Publisher