Komitmen 3 Indonesia Tingkatkan Kapasitas Jaringan Hemat Energi Menggunakan Compact Active Antenna dari Nokia


Jakarta, 31 Maret 2021 – Untuk memenuhi pertumbuhan pelanggan data yang terus meningkat, 3 Indonesia terus berupaya meningkatkan kapasitas jaringannya dengan berbagai solusi inovatif. Peningkatan kapasitas jaringan di area yang padat dengan trafik data yang tinggi menjadi tantangan tersendiri dengan terbatasnya spektrum yang dimiliki.

Untuk meningkatkan kapasitas jaringan, dibutuhkan sektor tambahan dengan jumlah modul radio dan antena yang lebih banyak yang harus dipasang di site BTS. Namun, teknik ini memiliki beberapa kerumitan dan menghasilkan konsumsi energi yang lebih tinggi.

Sejalan dengan komitmen 3 Indonesia untuk selalu memberikan layanan konektivitas data terbaik dengan jaringan yang kuat dan luas di seluruh Indonesia, 3 Indonesia, bekerja sama dengan Nokia, meningkatkan kapasitas jaringannya melalui penggunaan Compact Active Antenna (CAA).

CAA adalah solusi modul radio dan antena yang terintegrasi dalam satu unit berukuran kompak, sehingga konsumsi energi untuk solusi ini pun lebih sedikit. Saat ini, penerapan teknologi CAA Nokia telah dilakukan pada jaringan 3 Indonesia di Makassar dan Batam, dan merupakan penerapan pertama di Indonesia untuk site BTS dengan konfigurasi multisektor.

Dari penerapan solusi canggih ini, kapasitas jaringan 3 Indonesia telah meningkat sebesar 25%. Hal ini dicapai dengan konsumsi energi 40% lebih sedikit dibandingkan dengan solusi sebelumnya. Selain itu, solusi teknologi antena cerdas (intelligent antenna) ini juga menghasilkan peningkatan efisiensi spektrum dan kecepatan data yang lebih tinggi, sehingga, pelanggan 3 Indonesia dapat menikmati pengalaman berinternet dan bermain mobile game dengan lebih lancar.

Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia, mengatakan ‘‘Kami terus menerapkan solusi inovatif untuk memperkuat jaringan kami. Kali ini, kami menggunakan Compact Active Antenna untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan kami.

Solusi canggih ini memberikan konektivitas data yang lebih baik sehingga pelanggan kami dapat memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik dalam melakukan aktivitas digital mereka.”

Willie Cher, Head of Customer Business Team for Hutchison at Nokia Asia Pacific & Japan mengatakan, "Compact Active Antenna Nokia dirancang khusus bagi operator seluler untuk meningkatkan kapasitas radio di daerah dengan trafik data yang padat untuk menghasilkan kinerja dan konsumsi energi yang optimal.

Teknologi ini sangat sesuai dan dapat mendukung 3 Indonesia dalam fokus meningkatkan kapasitas 4G dan kualitas layanan untuk pelanggannya."

Tentang 3 Indonesia

3 Indonesia di bawah merek ‘3’ adalah salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia yang mengoperasikan jaringan nasional berlisensi 2G, 3G/WCDMA dan 4G LTE GSM. 3 menghadirkan pengalaman gaya hidup mobile yang didukung oleh teknologi 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat di lebih dari 37.000 desa di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali dan Lombok, melalui fiber optic yang membentang sepanjang 16.000 Km.

Seiring dengan keberadaannya di Indonesia sejak tahun 2007, 3 tumbuh menjadi mobile lifestyle provider. 95% pelanggan 3 adalah anak muda dengan gaya hidup digital yang tinggi. Keberhasilan 3 Indonesia dibangun oleh komitmen untuk menghadirkan pengalaman dan nilai terbaik bagi pelanggan, juga semangat untuk memberdayakan anak muda Indonesia.

Tentang Nokia

Kami telah menciptakan teknologi untuk menghubungkan dunia. Hanya Nokia yang menawarkan portofolio lengkap dengan peralatan jaringan, perangkat lunak, layanan, dan peluang lisensi di seluruh dunia. Dengan komitmen kami pada inovasi, didorong oleh Nokia Bell Labs yang telah memenangkan berbagai penghargaan, brand kami adalah pemimpin dalam pengembangan dan penyebaran jaringan 5G.

Penyedia layanan komunikasi untuk pelanggan kami sudah mendukung lebih dari 6,4 miliar langganan dengan jaringan radio, dan pelanggan kami telah menyebarkan lebih dari 1.300 jaringan industri di seluruh dunia. Dengan berpegang pada standar etika tertinggi, kami telah mengubah cara orang hidup, bekerja, dan berkomunikasi.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher