Jakarta, 4 Mei 2021 – Pandemi COVID-19 yang melanda dunia sudah berlangsung lebih dari satu tahun, selama itu pula berbagai sektor dinilai harus mampu beradaptasi dan menciptakan inovasi yang relevan dengan situasi. Hal ini yang menjadi fokus bagi sejumlah marketplace dan startup untuk menghadirkan solusi. Ralali.com sebagai wholesale marketplace pertama di Indonesia mencermati kondisi yang terjadi dengan hadir berinovasi. Bentuk inovasi ini pun membuahkan hasil yang positif dengan masuknya Ralali.com menjadi Top 10 Marketplace di Indonesia pada kuartal I/2021. Data yang dilansir oleh Similarweb kuartal I (Q1) 2021 mengenai survei terhadap platform e-commerce, menempatkan Ralali.com dalam posisi sepuluh besar bersanding dengan marketplace lainnya.
Joseph Aditya selaku CEO dan Founder Ralali.com “Ralali.com selalu berusaha memberikan kinerja terbaik melalui inovasi untuk sahabat Ralali.com. Apresiasi tertinggi bagi seluruh user kami atau yang akrab disapa dengan Mitra Ralali.com dan Sahabat Ralali.com. Kami mencermati bahwa dalam kondisi pandemi ini, kolaborasi dan inovasi menjadi kiprah yang esensial untuk mendukung program pemulihan ekonomi yang dicanangkan pemerintah,”. Selama kuartal I/2021, Ralali.com aktif melakukan sejumlah program aktivasi yang sejalan dengan program pemerintah. Sejumlah program tersebut pun berkaitan dengan penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Adapun inovasi yang dilakukan oleh Ralali.com adalah dengan menghadirkan Primero, masker 3-lapis dengan standar kualitas premium yang direkomendasikan oleh BNPB. Tidak berhenti sampai disitu, Ralali.com juga gencar melakukan tracing melalui service tes usap yang dimiliki oleh Neoclinic. Aktivasi ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Ralali.com untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia. Joseph menegaskan bahwa dalam menjalankan inovasi korporasi, perlu adanya keselarasan dengan kebutuhan yang sedang meningkat di berbagai sektor. Atas dasar tersebut juga Ralali.com membantu percepatan program tracing dan membangkitkan gelora semangat pelaku UMKM. Sementara itu, bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Ralali.com juga hadir melalui inovasi bisnis yaitu program Request for Quotation (RFQ) yang memungkinkan pelaku bisnis untuk memperoleh pengadaan barang dan jasa dengan mudah. Selain itu juga Ralali.com hadir dengan program Ralali Expo yang merupakan inovasi kegiatan expo (pameran) yang dipadukan dengan teknologi lewat website atau landing page. Diharapkan Ralali Expo mempermudah pelaku bisnis (seller) mengenalkan produknya dalam sebuah pameran secara online nantinya. Sebagai tambahan informasi, sejak berdiri tahun 2013 Ralali.com telah melayani lebih dari 1 juta user bisnis dengan berbagai latar belakang. Pada sektor teknologi adaptif, Ralali.com juga menghadirkan Neoclinic yang merupakan klinik kesehatan berbasis teknologi yang memadukan kesehatan dan teknologi untuk membantu dalam pemrosesan hasil yang lebih cepat, tepat, dan akurat. “Seturut dengan program pemerintah untuk menggerakan digitalisasi UMKM, Ralali.com akan terus mengembangkan teknologi berbasis platform untuk terus membantu para pebisnis kecil dan menengah untuk lebih mudah go digital. Kami berharap dengan adanya pencapaian ini dapat memupuk semangat kami untuk mencipatkan prestasi-prestasi lainnya,” tutup Joseph. TENTANG RALALI.COM Didirikan pada tahun 2013 oleh Joseph Aditya, Ralali.com adalah marketplace B2B (Business-to-Business) online pertama dan terbesar di Indonesia yang disokong oleh investor global termasuk Beenext, Beenos Plaza, Beenos Asia, CA Asia Internet Fund, East VC SEA 1, East VC SEA 2, East VC 2 Investment Limited, Qualgro, YJ2, Add Ventures, SBI, Arbor Ventures, TNB Aura, dan founder of ZIGExN Co., Ltd., Mr Jo Hirao. Bermula sebagai toko industrial online, Ralali.com bertransformasi menjadi B2B marketplace dengan misi untuk memberikan kemudahan bagi penjual (Mitra Ralali.com) dan pembeli (Sahabat Ralali.com) dalam memulai usaha dan memenuhi kebutuhan usaha. Bertumbuh dengan pemahaman pasar secara mendalam, tahun 2018 Ralali.com memperkenalkan Business Innovation Group (BIG), pasar segmentasi vertikal yang menggunakan BIG data untuk menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM sesuai segmentasi usaha, seperti keuangan atau insurtech. BIG mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa agent berbasis pekerjaan (BIG Agent). Saat ini Ralali.com melayani lebih dari 20.000 pemasok (sellers), lebih dari 500.000 pembeli (UMKM) dan menangani hampir 300.000 produk (SKU) di dalam platformnya, dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan. Melalui platform Ralali.com, UMKM mendapatkan akses pemerataan yang didukung oleh inovasi teknologi.
Editor: Marketing Exabytes