Jakarta, 13 Juli 2017 – Guna memenuhi permintaan bisnis yang terus meningkat untuk perdagangan yang konsisten, mudah, dan aman,
Mastercard Developerstelah meluncurkan sejumlah
Application Programming Interfaces (API) baru untuk membekali institusi-institusi keuangan,
merchant, dan para penyedia solusi digital dengan peralatan yang mereka butuhkan agar dapat melakukan pembayaran pada platform-platform terbaru. Melalui platform
API Terbuka (
Open) yang dimilikinya, Mastercard menyediakan akses kepada lebih dari 40 produk dan layanan pembayaran, data serta keamanan agar mereka lebih mudah terintegrasi dengan solusi-solusi digital yang inovatif.
Di Amerika Serikat,
FreshDirect®,
Subway® dan The Cheesecake Factory memungkinkan adanya pembayaran dengan chatbot melalui
Facebook Messengerdengan menggunakan API
Masterpass Chatbot.
Uber dan
Lyft memudahkan para pengemudi untuk mengumpulkan penghasilan mereka secara hampir
real timemelalui
on-demand payroll dengan menggunakan layanan API
Mastercard Send. Sementara itu, outlet pub gastro di Inggris
Young’s Pubs mengintegrasikan
Qkr! with Masterpass untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung ketika membayar pesanan mereka, dengan cara menggunakan tab dan memisahkan tagihan pembayaran mereka tanpa harus menunggu antrian maupun pelayan restoran. Solusi terbaru yang tersedia dalam Mastercard Developers dapat membantu perusahaan untuk memperoleh wawasan
(insights) dari kinerja mereka di era
Internet of Things (IoT) serta men-digitalisasi cara konsumen berbelanja dan mengelola keuangan pribadi mereka. Mastercard juga telah menambahkan kategori API
New & Experimental dalam platform Mastercard Developers, sehingga memungkinkan para mitra untuk mencoba teknologi dan aplikasi terbaru tersebut. “Kami memberikan perhatian penuh untuk memberikan kemudahan lebih bagi para mitra kami dalam menciptakan pengalaman pembayaran yang lebih baik tanpa harus membuang waktu untuk sesuatu yang tidak perlu,” ujar Oran Cummins,
Senior Vice President, API. “Dengan memberikan akses yang mereka butuhkan untuk mencoba berbagai kemungkinan dan membangun teknologi-teknologi baru, kami dapat mengembangkan solusi yang kami miliki dengan lebih cepat.” Beberapa API terbaru memungkinkan para
developer untuk:
- Menerima pembayaran non-tunai (cashless) dari smartphone pelanggan mereka dengan hanya memindai sebuah Masterpass QR code di seluruh merchantyang menerima Masterpass QR.
- Menyediakan para pemegang kartu dengan kemampuan untuk mengatur bagaimana, kapan dan di mana kartu mereka dapat digunakan dengan mengatur perintah menolak (decline) dan notifikasi melalui Spend Controls dan Spend Alerts.
- Mempercepat layanan di restoran dan ritel melalui platform pemesanan dan pembayaran di muka dengan Qkr! with Masterpass.
- Memulai pengujian terhadap teknologi chatbot dan memungkinkan perdagangan di dalam brand solusi-solusi yang mereka miliki di seluruh lintas saluran (multiple channels) maupun platform digital menggunakan Masterpass Chatbot.
Editor: Administrator 3