Micromentor Indonesia Umumkan Jangkau 27.000 UMKM dengan Pelatihan dan Keterampilan Vital untuk Usaha Kecil


Indonesia, Jakarta – 22 Juni 2021 – Mastercard dan PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) hari ini mengumumkan MicroMentor Indonesia (MMI), sebuah program yang diluncurkan dua tahun lalu bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia, telah menjadi komunitas relawan mentor dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) MicroMentor terbesar di dunia.

Sejak dimulai, program ini telah menjangkau hampir 27.000 UMKM dan 20.000 relawan mentor di Indonesia. Program ini juga telah mencapai 50.000 interaksi dengan UMKM dan pendampingan relawan melalui kegiatannya.

Didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, MMI bertujuan menghubungkan UMKM dengan mentoring bisnis dan pelatihan keamanan siber untuk mendukung target kementerian yaitu 30 juta UMKM menjadi bagian dari ekosistem digital pada tahun 2024.

Usaha mikro dan kecil di Indonesia sangat terpukul akibat pandemi, survei dari Bank Sentral Indonesia melaporkan bahwa terdapat 87,5% UMKM terkena dampak COVID-191 —sebuah masalah yang signifikan di negara di mana 97% dari semua pekerjaan disediakan oleh usaha kecil2 .

MMI, platform mentoring virtual gratis pertama di Indonesia, berhasil membawa ekosistem pendampingan bisnis virtual dan terukur ke tanah air pada tahun 2019. Sejak pertengahan 2020, jumlah relawan mentor dan pengusaha yang berpartisipasi dalam MMI meningkat lebih dari dua kali lipat, pemilik usaha di seluruh negeri mencari pendampingan bisnis digital yang dapat membantu bisnis mereka dalam mengatasi tantangan pandemi.

Pada program tahun lalu terlihat hasil yang substansial bagi para pendaftar, dengan 91% bisnis tetap beroperasi saat ini, dan 19% mengalami pertumbuhan bisnis. Selain itu, terlihat bisnis yang terlibat dalam MMI menciptakan tambahan 1.158 pekerjaan baru (termasuk pelaku wirausaha).

"Pada tahun 2014, Bank Commonwealth meluncurkan program literasi keuangan bagi pengusaha UMKM Perempuan melalui WISE (Womenpreneur Indonesia for Sustainability and Empowerment). Hingga Mei 2021, kami telah mendukung 106.000 pengusaha UMKM perempuan melalui program Literasi Keuangan ini.

Kami senang dapat terus mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia melalui MMI yang bekerja sama dengan Mastercard dan Mercy Corps Indonesia. UMKM berperan penting dalam mendukung perekonomian Indonesia, dan pendampingan UMKM sangat dibutuhkan agar pengembangan UMKM di Indonesia menjadi lebih kompetitif dan tangguh, terutama di situasi yang penuh tantangan saat ini sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

Kami percaya program seperti MMI akan berperan besar dalam membantu UMKM Indonesia dalam mendapatkan pelatihan dan pembinaan yang relevan berdasarkan kebutuhan spesifiknya," ujar Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur Bank Commonwealth.

"Mendukung wirausaha dan pemilik usaha sangat penting untuk pertumbuhan inklusif di Indonesia karena usaha mikro dan kecil ini menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat yang kurang terlayani. Kami sangat senang dengan pertumbuhan program MMI saat ini, dan kami berharap dapat terus memungkinkan usaha mikro dan kecil mengatasi berbagai tantangan, dan mempercepat pemulihan pasca-COVID secara berkelanjutan," kata Ade Soekadis, Direktur Eksekutif, Mercy Corps Indonesia.

"Program MMI merupakan bagian dari komitmen Mastercard terhadap Indonesia di bawah Mastercard Academy 2.0, dengan tujuan memberdayakan 100.000 masyarakat Indonesia dengan keterampilan agar berhasil dalam ekonomi digital di tanah air.

Mengingat pentingnya UMKM dalam menghadirkan lapangan kerja dan stabilitas ekonomi kepada jutaan masyarakat Indonesia, program ini akan terbukti sangat penting bagi pelaku usaha maupun mentor, baik untuk pemulihan pasca pandemi secara spesifik maupun perjalanan transformasi digital Indonesia secara umum," ujar Navin Jain, Country Manager, Indonesia, Mastercard.

Memasuki tahun ketiga, MMI diharapkan dapat menjangkau 40.000 UMKM sebagai pengguna aktif di seluruh Indonesia. Program ini juga meluncurkan Sistem Pelatihan Virtualnya, di mana Mastercard akan menyediakan akses ke keahlian global. Mastercard telah menyediakan expert speaker series video yang dapat diakses tidak hanya oleh peserta program, tetapi juga oleh publik.

Bank Commonwealth juga akan memberikan materi dan mentor dengan topik seputar manajemen bisnis, Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen keuangan, dan lain-lain, serta topik lainnya dari berbagai sumber.

Tentang PT Bank Commonwealth

PT Bank Commonwealth (PTBC) adalah anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia (CBA) yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1997, di mana CBA merupakan salah satu kelompok usaha keuangan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Australia dan tercatat dalam Morgan Stanley Capital Global Index. Didukung oleh lebih dari 1.300 tenaga profesional di bidang perbankan, PTBC saat ini melayani nasabah di 23 kota di Indonesia

PTBC menawarkan beragam solusi perbankan termasuk pinjaman rekening koran (overdraft) dan pinjaman berjangka (term loan) bagi SME, kredit pemilikan rumah (KPR), wealth management, pembukaan rekening tabungan secara digital dan menyeluruh, pinjaman kredit bisnis SME secara digital dan investasi reksa dana dengan fleksibilitas untuk menetapkan tanggal transaksi, fitur standing order, dan pembelian reksa dana melalui Internet Banking.

PTBC telah memecahkan lima rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui: (i) Aplikasi SmartWealth sebagai aplikasi digital perbankan pertama dengan layanan robo advisory; (ii) Aplikasi SmartWealth sebagai digital perbankan pertama yang mengintegrasikan informasi kepemilikan produk wealth management secara menyeluruh; (iii) e-Kiosk sebagai platform digital banking pertama di Indonesia dengan end-to-end onboarding (kartu ATM, Mobile Banking dan Internet Banking aktif) dalam waktu 10 menit; (iv) Produk KTA sebagai Kredit Tanpa Agunan Pertama yang Proses Pengajuannya secara Digital dan Mendapatkan Keputusan Seketika, dan (v) Mobile Banking Bank Commonwealth sebagai platform aplikasi Mobile Banking pertama dengan fitur investasi.

PTBC juga menawarkan best in class customer experience melalui cabang berkapabilitas digital yang telah hadir di Jakarta (Kensington – Kelapa Gading, Puri Indah, PIK, Treasury Tower SCBD dan Pondok Indah), di Surabaya (Panglima Sudirman, Manyar, dan Bukit Darmo Golf), Bandung (Dago), Bali (Sunset Road) dan juga Malang. Kunjungi www.commbank.co.id untuk informasi lebih lanjut mengenai Bank Commonwealth.

Tentang Mercy Corps Indonesia and MicroMentor Indonesia

Mercy Corps Indonesia adalah organisasi nirlaba lokal yang berbasis di Jakarta yang membantu masyarakat untuk pulih dari kondisi krisis dan membangun ketahanan untuk menciptakan dunia yang penuh peluang. Program kami membantu orang-orang di seluruh Indonesia dengan alat dan dukungan yang mereka butuhkan untuk membangun komunitas yang aman, produktif, dan adil.

Mercy Corps Indonesia adalah bagian dari keluarga Mercy Corps; tim kemanusiaan global yang bekerja di garda terdepan dari krisis terbesar saat ini untuk menciptakan kemungkinan masa depan, dimana semua orang bisa sejahtera. Pada tahun 2020 saja, kami dapat menjangkau lebih dari 29 juta orang di lebih dari 40 negara di seluruh dunia melalui pekerjaan kami. MicroMentor Indonesia adalah platform online mentoring bisnis gratis yang diadopsi dari platform MicroMentor global, sebuah program di Mercy Corps.

Tentang Mastercard (NYSE: MA)

Mastercard adalah sebuah perusahaan teknologi global dalam industri pembayaran. Misi kami adalah menghubungkan dan memperkuat ekonomi digital yang inklusif dan bermanfaat bagi semua orang di mana saja dengan membuat transaksi menjadi lebih aman, sederhana, cerdas, dan mudah diakses. Dengan menggunakan data dan jaringan yang aman, kemitraan, serta passion, inovasi-inovasi dan solusisolusi kami membantu individu, lembaga keuangan, pemerintah, dan bisnis mewujudkan potensi terbesar mereka.

Hasil kepatutan kami, atau DQ, mendorong budaya perusahaan dan semua yang kami lakukan di dalam dan di luar perusahaan. Dengan jaringan di lebih dari 210 negara dan wilayah, kami tengah membangun sebuah dunia yang berkelanjutan, yang membuka berbagai peluang tak ternilai bagi semua orang.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher