MUFG dan Bank Danamon Bersama melalui Masa Pandemi dengan Mendukung Perjuangan Indonesia Melawan Pandemi Virus Korona


28 Agustus 2020— MUFG Bank, Ltd. (MUFG) dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon), anggota Mitsubishi UFJ Financial Group melewati masa pandemi virus korona dan berupaya untuk mengurangi beban masyarakat dalam situasi yang menantang ini dengan sejumlah kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dilakukan oleh kedua bank.

Sebagai wujud nyata meningkatnya kolaborasi antar kedua bank dan bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah mendukung pertumbuhan kedua bank ini, MUFG dan Bank Danamon memberikan serangkaian kontribusi kepada masyarakat Indonesia khususnya dalam mengatasi pandemi COVID-19 baik di Indonesia maupun yang berada di Jepang.

Kontribusi kepada masyarakat tersebut di antaranya: Bantuan sebesar ¥100 juta (setara Rp14 miliar) kepada pelajar Indonesia di Jepang melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo untuk mengatasi kesulitan ekonomi di masa COVID-19. Ini merupakan bagian dari dukungan ¥400 juta (setara dengan Rp55,2 miliar) dari MUFG bersama dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam grup MUFG dan bank-bank mitra di Asia termasuk MUFG Bank dan Bank Danamon untuk membantu pelajar-pelajar dari Asia Tenggara yang sedang belajar di Jepang.

Donasi tunai sebesar lebih dari Rp1 Miliar dari kedua bank untuk menyumbang persediaan makanan kepada para pengemudi online Grab dan Gojek.

Bank Danamon mendistribusikan 4.000 alat pelindung diri (APD) kepada petugas medis melalui kampanye media sosial #TetapTerkendali yang mengajak masyarakat untuk menyebarkan semangat positif dan apresiasi keada pejuang lini depan Indonesia;  Bank Danamon memberikan donasi dalam bentuk premi asuransi jiwa dan jaminan kecelakan kerja yang dikelola oleh BP Jamsostek kepada 10.000 relawan dibawah kordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

MUFG Bank Kantor Cabang Jakarta mendonasikan pengadaan APD dan ventilator melalui Ikatan Alumni Universitas Indonesia dan mendukung pembangunan rumah sehat dan fasilitas air bersih untuk komunitas di Mauk, Tangerang, melalui Habitat for Humanity Indonesia.

Rangkaian kontribusi sosial diatas merupakan bentuk komitmen bersama kami kepada masyarakat Indonesia dan disampaikan oleh Daisuke Ejima, Executive Officer, Country Head of Indonesia MUFG dan Yasushi Itagaki selaku Direktur Utama Bank Danamon dalam pertemuan bersama Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Mahendra Siregar hari ini di Jakarta.

Daisuke Ejima, Executive Officer, Country Head of Indonesia MUFG menyatakan, “Sebagai salah satu lembaga jasa keuangan terbesar di dunia, kami merasa terhormat dapat berdampingan bersama komunitas di sekitar kami dalam melawan virus korona. MUFG telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 50 tahun dan telah menyaksikan keberanian dan kekuatan negara ini dalam menghadapi tantangan. Kemampuan MUFG untuk mendukung Indonesia dalam berbagai kesempatan dan krisis kini diperkokoh dengan bergabungnya Bank Danamon dalam keluarga kami, dan kami berharap kontribusi kami dapat membantu masyarakat Indonesia keluar dari pandemi ini menjadi lebih kuat dan bersatu dari sebelumnya.

Yasushi Itagaki, Direktur Utama Bank Danamon menjelaskan, “Sejalan dengan visi kami, ‘Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan’, kami secara aktif berpartisipasi dalam mencegah penyebaran virus korona sebagai wujud komitmen kami untuk Indonesia. Kami memahami bahwa pandemi ini telah berdampak pada jutaan orang, dan kami ingin mendukung aksi pemerintah dalam mencegah penyebaran virus yang lebih luas lagi, khususnya dengan mendukung dan membantu mereka yang berada di garda depan seperti sukarelawan, tenaga medis, dan mitra pengemudi serta pelajar di luar negeri. Kami juga ingin mendorong masyarakat untuk membangun semangat positif bahwa bersama kita bisa melewati masa sulit ini.

Sejak penyelesaian investasi strategis MUFG pada Bank Danamon di pertengahan tahun 2019, kolaborasi antara kedua bank telah menuai sejumlah keberhasilan baik dalam aspek bisnis maupun non-bisnis. Keberhasilan tersebut mencakup penyelesaian sejumlah transaksi penting yang memanfaatkan kekuatan kedua bank untuk memberi solusi layanan keuangan komprehensif bagi nasabahnya. Dukungan kuat dari MUFG untuk Bank Danamon juga telah mendorong Bank Danamon membangun bisnisnya menjadi semakin kuat di Indonesia. Hal ini ditandai dengan konfirmasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa Bank Danamon telah menjadi salah satu bank BUKU IV. Dengan menjadi bank BUKU IV, Bank Danamon akan dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih luas bagi nasabahnya dan masyarakat Indonesia.

APPENDIX A: KEGIATAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL BANK DANAMON Kampanye ‘Your Positivity Saves Life’ Bank Danamon bekerja sama dengan Indonesia Kuat suatu LSM yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Kecemasan masyarakat pada saat pandemi ini mendorong Bank Danamon untuk melaksanakan kampanye ‘Your Positivity Saves Life’. Bank mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap positif dan tidak lupa untuk tertawa karena merupakan obat serta menyebarkan positivitas melalui video. Setiap video yang di posting dalam akun media social, Bank Danamon akan mendonasikan 1 (satu) APD untuk pekerja medis dibawah Indonesia Kuat. Selain memberikan APD, Bank juga mempromosikan positivitas. Link kepada video tersebut: https://youtu.be/WjCTtVSbsaA

Asuransi untuk 10.000 Relawan BNPB Bank Danamon menyediakan asuransi BPJamsostek kepada 10.000 relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB.) Perlindungan ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan ketenangan pikirian bagi relawan garda depan melawan penyebaran virus korona.

Donasi Kebutuhan Pokok untuk Driver Online Bank Danamon juga bekerja sama dengan dua raksasa penyedia jasa ride-hailing, yaitu Grab dengan mitranya Benih Baik, dan Gojek, melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) untuk menyediakan kebutuhan pokok kepada para mitra pengemudi daring secara tunai senilai lebih dari 1 Miliar Rupiah.

Bantuan untuk Rumah Sakit di Wilayah Melalui jaringan kantor wilayah, Bank Danamon memberikan donasi APD dan sembako untuk rumah sakit dan masyarakat yang terdampak oleh virus korona di Jawa Timur, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara serta Kalimantan, Sulawesi dan Jawa Barat.

APPENDIX B: MUFG Berkomitmen Beri Dukungan untuk Pelajar-pelajar Asia Tenggara di Jepang

MUFG Bank, Ltd. dan Bank Danamon bersama dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam grup MUFG dan bank-bank mitra di Asia berkomitmen memberi dukungan ¥400 juta (setara dengan Rp55,2 miliar) untuk membantu pelajar-pelajar Asia Tenggara di Jepang melalui kesulitan ekonomi di masa pandemi COVID-19. Lima perusahaan anggota grup MUFG mengambil bagian dalam upaya dukungan ini: MUFG Bank, Ltd., Mitsubishi UFJ Trust and Banking Corporation, Mitsubishi UFJ Securities Holdings Co., Ltd., Mitsubishi UFJ NICOS Co., Ltd., dan ACOM Co., Ltd. Bank-bank mitra strategis MUFG, yaitu Bank Danamon di Indonesia, Bank of Ayudhya atau Krungsri di Thailand, Security Bank di Filipina, dan VietinBank di Vietnam, juga turut berpartisipasi bersama lima perusahaan anggota grup MUFG tersebut. MUFG akan mendistribusikan donasi tersebut secara merata kepada empat penerima: Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang, Perhimpunan Pelajar Thailand di Jepang, Perhimpunan Pelajar Filipina di Jepang, dan Kedutaan Besar Republik Sosialis Vietnam di Jepang. Donasi ini akan digunakan sebagai bantuan keuangan untuk pelajar dari empat negara tersebut yang mungkin mengalami kesulitan ekonomi atau mengalami gangguan atas kegiatan belajar mereka di Jepang yang disebabkan oleh COVID-19.

TENTANG MUFG BANK

MUFG Bank, Ltd. adalah bank terkemuka di Jepang, dengan jaringan global yang menjangkau lebih dari 50 pasar. Di luar Jepang, Bank menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan komersial dan investasi kepada bisnis, pemerintah, dan perorangan di seluruh dunia.

Induk usaha MUFG Bank, Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG) adalah salah satu grup jasa keuangan terdepan dunia. Berpusat di Tokyo dengan sejarah lebih dari 360 tahun, MUFG memiliki jaringan global dengan lebih dari 2.700 lokasi di lebih dari 50 pasar. MUFG memiliki lebih dari 180.000 karyawan dan menawarkan berbagai jasa termasuk perbankan komersial, perwaliamanatan, sekuritas, kartu kredit, pembiayaan konsumen, manajemen aset, dan sewa guna usaha.

MUFG bertujuan untuk "menjadi grup jasa keuangan paling terpercaya di dunia" melalui kolaborasi erat di antara sejumlah perusahaan operasional kami dan secara fleksibel menjawab seluruh kebutuhan finansial nasabah kami, melayani masyarakat, dan mendorong pertumbuhan bersama dan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik. Saham MUFG diperdagangkan di bursa-bursa efek Tokyo, Nagoya, dan New York.

Di Asia, MUFG beroperasi di 20 pasar—Australia, Bangladesh, China, Filipina, Hong Kong, Indonesia, India, Kamboja, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Pakistan, Selandia Baru, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

MUFG juga telah membentuk sejumlah kemitraan strategis dengan bank-bank utama di Asia Tenggara, semakin memperkuat jaringan tak tertandinginya di kawasan—VietinBank di Vietnam, Krungsri di Thailand, Security Bank di Filipina, dan Bank Danamon di Indonesia.

Di Indonesia, MUFG hadir melalui Kantor Cabang Jakarta, yang didirikan pada tahun 1968. MUFG merupakan salah satu kantor cabang bank asing terbesar di Indonesia yang melayani nasabah-nasabah korporasi Jepang, domestik, dan multinasional. MUFG Bank meraih penghargaan “Best International Bank in Indonesia” tahun 2019 dari FinanceAsia dan “Project Finance House of the Year, Indonesia” tahun 2020 dari The Asset.

TENTANG BANK DANAMON

PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang berdiri sejak 1956, per 30 Juni 2020 mengelola aset sebesar Rp 194 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Bank Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% dimiliki oleh publik.

Bank Danamon didukung oleh 901 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Bank, D-Card, serta SMS Banking Dengan beragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa iB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Asuransi Primajaga, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen.

Menjadi bagian dari MUFG Bank sebagai bank terbesar di Jepang dan salah satu institusi keuangan termuka di dunia akan memberikan nilai tambah. Bank Danamon akan dapat mengakses kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG untuk melayani nasabah kami dan memfasilitasi pertumbuhan Bank Danamon dalam mewujudkan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Bank menerima sejumlah penghargaan dari ajang Satisfaction Loyalty Engagement Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia dan Infobank. Bank Danamon juga meraih peringkat pertama pada 9th Infobank Digital Brand Awards 2020 dalam kategori Bank Umum Konvensional Modal Inti Rp30 triliun ke atas (BUKU IV) dengan aset di bawah Rp 500 triliun. Sebelumnya, Bank Danamon juga menjadi Best Digital Bank Indonesia pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2018 di Beijing. Bank Danamon also juga menerima penghargaan The Asian Banker Indonesia Award 2019 dalam kategori Best Digital KYC and Account Opening Initiative, Application, or Programme dari The Asian Banker.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher