Panasonic Gandeng Anchanto untuk Ekspansi e-Commerce di Asia Pasifik


Jakarta, 11 Januari 2021 - PANASONIC, sebuah konglomerasi elektronik multinasional, resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan produk perangkat lunak (SaaS) Anchanto. Kemitraan ini akan menyederhanakan proses operasional dan memperluas layanan e-commerce Panasonic ke seluruh kawasan Asia-Pasifik.

Dengan memanfaatkan SelluSeller, sebuah sistem pengelolaan pesanan multi kanal dari Anchanto, Panasonic dapat menjalankan satu sistem terintegrasi yang dapat memantau penjualan secara real time, mengelola inventaris dengan lebih mudah, dan mengatur informasi produk di berbagai saluran e-commerce.

Sejalan dengan rencana pertumbuhannya di tahun 2021, Panasonic berupaya mendorong engagement dengan para pelanggannya melalui strategi ritel multi kanal yang kali ini dikelola dengan mengandalkan teknologi dari Anchanto. Panasonic juga hendak meningkatkan pengalaman para pelanggan dengan menghadirkan pengalaman unik di berbagai aspek dan proses transaksi. Sistem SaaS yang diterapkan ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan operasional, model, dan sistem bisnis Panasonic di seluruh negara. Dalam jangka panjang, perusahaan membidik 4x pertumbuhan pendapatan.

Panasonic menyadari adanya perubahan besar di industri ritel yang menuntut setiap brand untuk secara konsisten menjalin hubungan dengan konsumennya. Oleh karena itu, Panasonic kini menerapkan strategi Direct-to-Consumer (D2C) melalui perbaikan distribusi konten di seluruh saluran e-commerce, peningkatan strategi pengelolaan promosi dan harga produk, penguatan keamanan dan kemudahan akses data, serta perbaikan layanan konsumen sebelum dan setelah transaksi. Tim IT Panasonic mencari partner yang dapat menyajikan pemahaman mendalam tentang industri dan dapat membantu mempercepat penyelesaian sistem.

Mr. Jiro Nakami, Marketing Director Panasonic Appliance Marketing Asia Pacific, mengatakan, “Salah satu prasyarat bagi kami di Panasonic adalah mencapai kepuasan pelanggan. Kami mengadopsi dan mengoptimalkan strategi multi kanal kami tidak sebatas meningkatkan penjualan saja, melainkan juga meningkatkan engagement pelanggan. E-commerce akan menjadi jendela untuk melihat seluruh kategori produk kami sebab kami menyadari bahwa pelanggan saat ini sangat gemar menggunakan teknologi.

Dengan adanya pembagian pasar e-commerce di Asia Tenggara, kami membutuhkan solusi sistem pengelolaan pesanan atau Order Management System (OMS) yang mampu mengintegrasikan seluruh aspek online dan offline dengan kemampuan skalabilitas dan perluasan yang sudah teruji. Hal ini yang ditawarkan oleh Anchanto.”

Teknologi SelluSeller milik Anchanto membantu mengidentifikasi masalah yang dihadapi Panasonic dan mengintegrasikan seluruh sistem penting. Tidak hanya itu, Anchanto membantu Panasonic dalam menerapkan solusi yang meningkatkan sistem pelacakan pesanan dan pengiriman, pengelolaan inventaris, pengelolaan penagihan, dan integrasi sistem SAP yang lebih mudah dan cepat.

Mr. Jake Hirose, Managing Director Panasonic Appliances Marketing Asia Pacific, mengatakan “Kami memiliki infrastruktur dan prioritas yang berbeda di setiap negara. Dengan teknologi Anchanto yang memudahkan kami dalam memperkuat webstore dan marketplace, kemampuan mereka dalam mengintegrasikan sistem dengan SAP, serta kehadiran Anchanto di kawasan APAC menjadi faktor terpenting bagi kami untuk mempercayakan solusi marketplace kami kepada Anchanto. Panasonic kini telah memasuki dekade baru dengan tujuan bisnis yang semakin besar. Kami ingin menjadi pemain e-commerce terdepan dengan mengembangkan setiap lini bisnis kami.”

Vaibhav Dabhade, selaku Founder & Chief Executive Officer Anchanto menambahkan, “Kami selalu berupaya mendampingi perusahaan untuk menjalankan dan mengembangkan e-commerce mereka dengan menerapkan teknologi yang kuat dan cepat. Kami bangga dapat bermitra dengan Panasonic dan membantu menerapkan strategi multi kanal jangka panjang miliknya. Kami siap mendukung rencana besar bisnis digital Panasonic di seluruh target pasarnya.” Tentang Panasonic Corporation

Panasonic Corporation adalah perusahaan global terdepan yang mengembangkan beragam solusi teknologi dan elektronik bagi konsumen, perumahan, otomotif, dan pelaku bisnis atau B2B. Pada tahun 2018, Panasonic merayakan ulang tahun yang ke-100 dan telah mencapai perluasan bisnis signifikan dengan 591 kantor cabang dan 88 perusahaan terkait di seluruh dunia. Panasonic mencetak laba bersih dari penjualan senilai 7.982 triliun yen hingga Maret 2018. Berkomitmen untuk terus meningkatkan inovasi di seluruh bagian perusahaan, Panasonic ingin menerapkan teknologi untuk kehidupan dan dunia yang lebih baik bagi seluruh pelanggannya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Panasonic, silahkan kunjungi : http://www.panasonic.com/global

Tentang Panasonic Asia Pasifik

Panasonic Asia Pasifik menyediakan seluruh rangkaian merek produk dan solusi di seluruh wilayah Asia Tenggara dan Kawasan Oceania (APAC), mencakup 27 negara termasuk 10 kantor di Australia, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Berbasis di Singapura, kantor pusat regional Panasonic Asia Pasifik berfokus menciptakan “Kehidupan yang Lebih Baik, dan Dunia yang Lebih Baik” melalui promosi portofolio Business-to Business seperti solusi bisnis di industri rumah tangga dan developer perumahan; serta upaya mempertahankan pertumbuhan Business-to-Consumer yang solid. Panasonic Asia Pacific memiliki 37 lokasi manufaktur, yang mendukung aktivitas produksi global Panasonic di sektor perumahan, solusi sistem, pertanian, solusi energi, peralatan, komponen dan perangkat.

Tentang Anchanto

Didirikan pada tahun 2011 dan berpusat di Singapura, Anchanto merupakan perusahaan teknologi perangkat lunak (SaaS) global yang memungkinkan pengelolaan logistik e-commerce dan penjualan multi kanal, serta menghubungkan penjual online dengan pelaku logistik di seluruh dunia.

Melalui solusi teknologi dan jaringan global yang dimilikinya, Anchanto memberikan layanan terbaik dan solusi kelas dunia yang membantu brand, retailer, distributor, penyedia logistik pihak ketiga, dan asosiasi pengiriman pos, untuk  meningkatkan kemampuan e-commerce terbaik di kelasnya.

Anchanto mengembangkan dua produk, yaitu SelluSeller dan Wareo.

SelluSeller merupakan layanan pengelolaan software multi kanal e-commerce menawarkan solusi terpadu yang sederhana untuk mengelola operasi penjualan di berbagai kanal lokal dan internasional seperti Shopee, Lazada, Amazon, PG Mall, Magento, Shopify, dsb. Wareo, adalah layanan sistem pengelolaan gudang yang membantu bisnis mengelola proses B2B dan B2C dalam satu sistem dan mentransformasi kebutuhan pergudangan dalam satu sistem terpusat.

Editor: Marketing Exabytes