Presiden Direktur CIMB Niaga Dinobatkan sebagai The Most Inspiring CEO


JAKARTA. Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Tigor M. Siahaan dinobatkan sebagai The Most Inspiring CEO pada ajang iCIO Awards 2018 di Jakarta, Rabu (7/3/2018). Tigor dinilai memiliki digital leadership dan terbukti mampu menghadirkan value terbaik dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di CIMB Niaga.

“Terima kasih kepada iCIO Community. Saya merasa bahagia menerima penghargaan ini. Tentu ini bukan prestasi personal saya semata, tapi juga buah dari dedikasi dan kerja sama seluruh karyawan dalam mengimplementasikan TIK guna mewujudkan aspirasi CIMB Niaga menjadi perbankan digital terdepan di Indonesia,” kata Tigor di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Sebagai pemimpin tertinggi di CIMB Niaga, Tigor selalu menekankan pentingnya perbankan untuk terus beradaptasi di tengah lingkungan bisnis dan teknologi yang berubah secara cepat. Atas dasar itulah, sejak awal CIMB Niaga mengambil inisiatif untuk memanfaatkan kemajuan teknologi terkini guna memberikan nilai tambah kepada bisnis perusahaan dan meningkatkan customer experience seperti yang telah dilakukan melalui berbagai inovasi secara berkelanjutan.

Menurut Tigor, inovasi-inovasi TIK yang telah dilakukan CIMB Niaga antara lain, bank pertama di Indonesia yang menawarkan ATM (1987), bank pertama di Indonesia yang memberikan nasabahnya layanan perbankan secara on-line (1991), dan bank pertama di Asia yang meluncurkan rekening bank di dalam telepon seluler atau yang dikenal dengan Rekening Ponsel (2013).

Selain itu, pada 2016 CIMB Niaga juga berhasil mengimplementasikan sistem core banking baru bernama 1Platform (1P) secara serentak di seluruh jaringan kantor perseroan di Indonesia yang berjumlah sekitar 800 dan mencakup 3 zona waktu. Dengan 1P, perseroan memperkuat posisinya sebagai bank digital terdepan di Indonesia serta menjamin sistem informasi dan teknologi perseroan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Terbaru, pada akhir 2017, CIMB Niaga berhasil meluncurkan versi terkini Go Mobile, layanan mobile banking yang memberikan kemudahan akses bagi nasabah ritel -kapan saja dan dimana saja- terhadap portofolio mereka di CIMB Niaga melalui ponsel pintar. Adapun bagi nasabah non-ritel, perseroan juga menyediakan Bizchannel@CIMB sebagai solusi internet banking yang aman dan nyaman untuk melakukan transaksi perbankan bagi nasabah di segmen bisnis.

“Beragam inovasi TIK yang kami lakukan secara berkelanjutan selaras dengan aspirasi nasabah yang kini semakin beralih ke digital banking. Karena itu, kami berharap dengan beragam layanan perbankan berbasis digital yang lengkap seperti CIMB Clicks, Go Mobile, Rekening Ponsel, CIMB Niaga Phone Banking 14041, Automated Teller Machines (ATM), Electronic Data Capture (EDC), Cash Deposit Machines (CDM), Cash Recycle Machines (CRM), Digital Lounge, dan BizChannel dapat memberikan excellent customer experience kepada para nasabah kami,” ungkap Tigor.

Seperti diketahui, iCIO Awards 2018 merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh iCIO Community, komunitas chief information officer (CIO) dan eksekutif di bidang TIK di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada para CEO, CIO, dan eksekutif teknologi informasi yang telah terbukti mampu menghadirkan value terbaik TIK untuk mendorong kinerja organisasi.

Tahun ini, selain tiga kategori penghargaan, yaitu The Most Influential CIO, The Most Innovative CIO, dan The Most Intelligent CIO, juga dipilih CEO yang memiliki digital leadership terbaik untuk menerima penghargaan The Most Inspiring CEO. Kategori terbaru ini diberikan kepada CEO yang dipandang memiliki visi strategis yang kuat, dapat bekerjasama, dan mendukung terciptanya lingkungan kerja yang kondusif bagi CIO untuk menghadirkan nilai bagi bisnis melalui pemanfaatan TIK.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 542 jaringan kantor per 31 Desember 2017, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 476, kantor kas dan payment point sebanyak 46 unit (termasuk 22 digital lounge), dan kas mobil sebanyak 20 unit. CIMB Niaga memiliki 12.782 karyawan per 31 Desember 2017.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2017, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD14,9 miliar dan jumlah karyawan sekitar 38.000 orang yang tersebar di 15 negara.

Editor: Administrator 3
Publisher