PT BNP Paribas Asset Management: Kondisi Fundamental Indonesia Mendukung Prospek Investasi 2022


Jakarta, 7 Desember 2021. PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) merilis market outlook-nya untuk peluang investasi di pasar saham dan pasar obligasi menuju tahun 2022.

Tahun ini masih menjadi tahun yang penuh tantangan, perubahan, dan ketidakpastian bagi banyak investor. Pemerintah dan Bank sentral pun telah melakukan berbagai upaya melalui kebijakan dan stimulus guna mencapai target Pemulihan Ekonomi Nasional. Menjelang penghujung tahun 2021, Indonesia dan kebanyakan negara di dunia tengah bersiap-siap membuka kembali aktivitas kegiatan ekonomi dengan harapan pemulihan dapat mulai terjadi di tahun 2022.

Meskipun tingkat pemulihan ekonomi di berbagai negara tidak merata, secara umum PT BNP Paribas AM menilai baik pasar domestik maupun pasar global mengalami hal yang sama. Dari data ekonomi global, terlihat secara umum bahwa dunia secara perlahan menuju kondisi yang lebih normal.

Namun di sisi lain, juga muncul tantangan baru sebagai akibat dari konsekuensi pembukaan ekonomi. Pembukaan kegiatan ekonomi secara hampir bersamaan di negara maju, dari yang sebelumnya stagnan, telah mengakibatkan adanya ketidakseimbangan.

Djumala Sutedja, Direktur & Head of Fixed Income PT BNP Paribas AM menjelaskan, “Persiapan pembukaan ekonomi yang terjadi saat ini mendorong permintaan atau demand yang sangat besar, tapi supply-nya relatif lambat dalam melakukan penyesuaian. Di saat yang sama tingkat likuiditas global masih tinggi, sehingga dampaknya adalah kenaikan harga-harga komoditas, baik itu makanan maupun energi, yang pada akhirnya berujung pada inflasi yang tinggi.”

Sementara itu kebijakan tapering oleh Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed, yang tengah menjadi fokus perhatian pasar saat ini diperkirakan tidak akan membawa dampak yang terlalu signifikan pada pasar domestik. “Volatilitas pasar akan selalu ada.

Namun, melihat kondisi fundamental pertumbuhan Indonesia yang cukup kuat saat ini, kami optimis Indonesia dalam posisi yang siap menghadapi tapering yang akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2022 nanti.” ujar Djumala.

Menanggapi dampak tapering terhadap arus kepemilikan asing di Indonesia, sentimennya pun cenderung lebih baik. Djumala menerangkan minat asing untuk berinvestasi di pasar negara berkembang memang masih selektif. Net inflow lebih banyak terlihat pada negara-negara yang dinilai mampu mengendalikan pandemi COVID-19 yang lebih baik dan tingkat vaksinasi yang tinggi. Sementara itu per 5 November 2021, Indonesia tercatat masuk dalam kelompok negara-negara yang dianggap mampu mengendalikan penyebaran infeksi COVID-19, sebagaimana diukur dari Reproduction Rate-nya yang stabil berada di bawah angka 1[1].

Lebih lanjut, PT BNP Paribas AM menilai kondisi pasar saat ini mendukung kinerja pasar obligasi Indonesia ke depannya. Djumala menegaskan, “Kami melihat adanya perbedaan sensitivitas antara obligasi IDR dan USD terhadap dinamika pasar dari global. Obligasi berdenominasi IDR dalam hal ini less sensitive terhadap gejolak di luar negeri karena lebih banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor domestik yang sangat favourable.”

Senada dengan outlook pasar obligasi, PT BNP Paribas AM menilai kelas aset saham juga memiliki potensi yang positif. Kondisi faktor fundamental yang cukup baik mendukung prospek pasar saham ke arah yang positif, dan hal ini juga terlihat dari telah kembalinya investor asing ke Indonesia secara perlahan.

Selama nilai tukar Rupiah stabil dan earnings growth sejalan dengan ekspektasi pasar, potensi arus kepemilikan asing untuk terus masuk ke pasar saham Indonesia masih tetap ada. Namun, pemilihan saham menjadi kunci penting untuk menghasilkan outperformance. Dengan semakin melebarnya perbedaan antara Producer Price Index (PPI) dan Consumer Price Index (CPI), banyak perusahaan dapat mengalami penurunan tingkat marjin. Dalam hal ini, kemampuan perusahaan untuk meneruskan kenaikan harga pada konsumen juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Untuk menangkap peluang investasi yang relevan dengan kondisi saat ini, PT BNP Paribas AM tengah menyiapkan solusi investasi yang inovatif baik bagi nasabah institusi maupun ritel. “Dari segi portofolionya sendiri, kami percaya kombinasi yang seimbang antara old economy dan new economy akan memberikan potensi hasil investasi yang lebih sustainable.

Sektor-sektor old economy membantu memberikan safety atau dukungan secara fundamental. Sementara new economy dapat memberikan nilai tambah dari segi story atau cerita pertumbuhan ke depannya meskipun risikonya terhadap earnings juga lebih tinggi. Penyusunan investasi yang kami siapkan di tahun depan diarahkan untuk membantu investor menyeimbangkan kedua hal tersebut” tutup Djumala.

Tentang PT. BNP Paribas Asset Management

Berdiri sejak tahun 1992, PT. BNP Paribas Asset Management (“Perusahaan”) merupakan salah satu perusahaan Manajer Investasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan menawarkan jasa pengelolaan investasi bagi nasabah baik institusi maupun ritel, dalam bentuk Kontrak Pengelolaan Dana maupun Reksa Dana. Perusahaan juga bekerja sama dengan beberapa bank, perusahaan efek dan institusi keuangan terkemuka lainnya di Indonesia dalam memasarkan Reksa Dana nya.

Dengan didukung oleh lebih dari 50 (lima puluh) tenaga kerja profesional, perusahaan memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 31.02 triliun(1). Perusahaan telah mendapatkan penghargaan dari berbagai media regional diantaranya “Best Fund House, Indonesia” oleh Asia Asset Management di tahun 2019, “Asset Management Company of The Year – Indonesia” oleh The Asset di tahun 2010, 2011, 2012, 2014, 2015, 2017, 2019, 2020 dan 2021,  “Fund House of the Year – Indonesia” oleh Asian Investor di tahun 2012 dan 2017, “Asset Management of the Year” oleh Asia Asset Management di tahun 2010, 2011, 2012, 2014, 2015 dan 2017 serta “Best Islamic Asset Management House of the Year” oleh The Asset di tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020 serta “ESG Asset Mangement Company of the Year” oleh  The Asset di tahun 2020. Perusahaan juga telah mendapatkan penghargaan sebagai “Best Investor Education” oleh Asia Asset Management di tahun 2019 dalam komitmennya di bidang edukasi melalui program BNP Paribas AM Investment Academy dan kampanye edukasi #AkuBisaInvestasi.

(1) Sumber: PT. BNP Paribas Asset Management, Okt 2021.

Editor: Marketing Exabytes