Raih Potensi di Kota Satelit, CSAP Buka Mitra10 ke-26 di Sidoarjo


Jakarta, 25 Mei 2017, PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode BEI: CSAP) adalah perusahaan distribusi terbesar & terkemuka di bahan bangunan, kimia dan Consumer Goods/FMCG, dan memiliki jaringan toko Ritel Moderen Home Improvement dan bahan bangunan (Mitra10) dan Home Furnishing (Atria).

Saat ini, CSAP mengoperasikan 41 cabang distribusi bahan bangunan di 40 kota, 4 cabang distribusi kimia, 36 area distribusi, 25 toko Mitra10 dan 10 showrooms Atria. CSAP pada 24 Mei 2017 telah membuka outlet Mitra10 Ke-26 di Sidoarjo, Jawa Timur yang merupakan kota Satelit dari Surabaya.

“Outlet Mitra10 Sidoarjo merupakan superstore yang menempati lahan seluas 10,000 m2 dengan selling space seluas 4.800 m2.  Ini merupakan outlet Mitra10 ke-26 atau outlet kedua yang kami resmikan tahun ini dari target pembukaan 4 outlet baru di 2017,” papar Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk.

Ditambahkan, khusus di daerah Jawa Timur, outlet ini merupakan outlet ketiga yang dibuka di daerah Jawa Timur, dimana dua outlet sebelumnya berlokasi di Surabaya. Pemilihan kota Sidoarjo tidak lepas dari besarnya potensi segmen properti khususnya para pemilik rumah yang berencana untuk melakukan renovasi, ekspansi ataupun pembangunan rumah tinggal.

Outlet Mitra10 Sidoarjo telah melakukan Grand Opening pada tanggal 24 Mei 2017 dan menyerap tenaga kerja sebanyak 120 orang yang sebagian besar berasal dari daerah Sidoarjo dan sekitarnya.  Perseroan optimis pembukaan gerai yang menelan biaya investasi sekitar Rp.20 Miliar akan membantu penjualan segmen ritel modern yang tahun 2017 minimal Rp. 2 juta/m2/bulan.

Mitra10 menawarkan konsep “One Stop Shopping & Solution” dengan kondisi berbelanja yang nyaman. Sehingga para pengunjung dapat secara leluasa memilih produk lebih dari 65,000 SKU yang ditawarkan berupa bahan bangunan mulai dari lantai hingga atap bangunan dan perkakas rumah, tentu dengan harga yang sangat kompetitif.

“Selain menawarkan suasana belanja yang nyaman, keunggulan lain sebagai ritel modern adalah memberikan Price Integrity atau kepastian harga kepada konsumen yang didukung oleh layanan after sales termasuk pengiriman barang dalam radius 10km tanpa tambahan biaya bagi para konsumen yang telah bergabung dalam keanggotaan pelanggan MItra10.” Jelas Idrus Widjajakusuma.

“Bahkan 80% barang yang ditawarkan Mitra10 merupakan produk dalam negeri. Dengan demikian Mitra10 juga membantu perekonomian nasional dengan memasarkan produk-produk lokal seperti keramik, cat dan bahan bangunan lain”, Idrus Widjajakusuma menambahkan.

Ekspansi Agresif di Ritel Bahan Bangunan

Manajemen menekankan pada Ekspansi Strategi Yang Agresif Mitra10 untuk menangkap/memperkuat pangsa pasar. Dimasa mendatang lokasi toko akan dikonsentrasikan di Jabotabek, Jawa tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi. “CSAP akan terus meningkatkan pertumbuhan dengan memperkuat kinerja segmen Ritel Modern Mitra10 seiring dengan tingginya akan kebutuhan akan bahan bangunan untuk renovasi/peremajaan rumah/tempat tinggal, dipercaya industri properti tempat hunian juga akan meningkat. Selain kinerja CSAP yang berkesinambungan dari waktu ke waktu, meningkatkan efisiensi modal keseluruhan dan produktivitas, sehingga menciptakan nilai yang lebih baik bagi semua pemangku kepentingan.” Jelas Idrus Widjajakusuma.

Tahun 2016, Mitra10 telah membuka 3 toko yang berlokasi di Jabodetabek: Pekayon (Bekasi), Lampung, dan Q-Big BSD City (Serpong) di akhir tahun. Sedangkan di tahun 2017 Perseroan menargetkan membuka empat outlet baru. Dimana pada Q1 CSAP telah meresmikan Mitra10 di Pantai Indah Kapuk (Jakarta) dan bulan ini di Sidoarjo (Jawa Timur).“Rencana pembukaan selanjutnya berlokasi di Harapan Indah (Bekasi) dan Cikarang, dengan demikian tahun ini akan memiliki total 28 outlet Mitra10.

Untuk mendukung rencana tersebut, Perseroan telah menganggarkan belanja modal (capex) senilai Rp. 250 miliar dengan rincian Capex segmen Ritel Modern sebesar Rp. 150 milyar, sedangkan Capex segmen Distribusi sebesar Rp. 100 milyar.” Papar Idrus Widjajakusuma. (END)

Sekilas Mengenai PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode: CSAP)

Berawal dari sebuah toko cat “Sentosa” seluas 40m2 di Jakarta pada tahun 1966, kini di umur yang ke-50 CSAP telah menjadi perusahaan Distribusi dan Ritel Moderen terbesar dan independen di bahan bangunan di Indonesia. Selain bahan bangunan CSAP juga mendistribusikan Bahan Kimia dan Consumer Goods (FMCG). Saat ini CSAP memiliki 41 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 36 Area Distribusi FMCG, 26 outlet “Mitra10” ritel moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 10 Showrooms “Atria” Home Furnishing.

Pada 1Q2017, CSAP membukukan Penjualan Rp 2,2 triliun atau tumbuh 16,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,9 triliun. Segmen Distribusi memberikan kontribusi 71% dari total penjualan konsolidasi, sedangkan untuk segmen Ritel Moderen berkontribusi 29%. Solidnya kinerja penjualan dan membaiknya kinerja margin mendorong laba bersih Perseroan tumbuh solid sebesar 47% menjadi Rp 31 milyar dari Rp 21 miliar di periode 1Q2016.

Pemegang Saham

%

PT. Buanatata Adisentosa

NT Asian Discovery Master Fund

Albizia ASEAN Opportunities Fund

Management

Public

35,21%

21,00%

14,61%

4,01%

25,17%

Editor: Administrator 3
Publisher