Sentra Vaksinasi Covid-19 Traveloka Layani 8.080 Penerima Vaksin di Yogyakarta Dalam Lima Hari


Jakarta, 4 Mei 2021 - Pada tanggal 26-30 April 2021, lifestyle super-app terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka, telah membuka operasional Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka yang berlokasi di Jogja Expo Center (JEC), yang diresmikan oleh Gubernur DIY, disampaikan melalui kata sambutan oleh Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya X dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. “Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka” merupakan bagian dari gerakan “#JalanBersama Lawan COVID-19” untuk mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat distribusi vaksin.

Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah DIY khususnya Dinas Kesehatan DIY, Dinas Pariwisata DIY serta Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka telah melampaui target vaksinasi yang awalnya berjumlah 7.500 dengan melayani 8.080 warga Yogyakarta, yang terdiri dari 4.086 kalangan lanjut usia, 2.748 pekerja pariwisata, dan 1.246 tenaga pengajar.

Pencapaian ini berangkat dari kolaborasi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan, sebuah contoh nyata dari kerjasama pemerintah dengan swasta (public-private partnership), serta pemanfaatan teknologi melalui platform Traveloka guna memastikan proses registrasi yang lancar.

“Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemerintah Pusat serta Pemda DIY atas izin dan kepercayaannya untuk Traveloka dalam menyelenggarakan Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kami sangat berharap warga DIY yang sudah mendapatkan vaksinasi dapat memiliki imunitas lebih baik sehingga tujuan pemulihan sosio-ekonomi nasional dapat berjalan sesuai dengan rencana. Di sisi lain, kami senantiasa mengimbau masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan, dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjauhi kerumunan.” ujar Albert, Co-Founder, Traveloka.

Guna memenuhi kriteria vaksinasi yang ideal, Traveloka akan kembali menyelenggarakan vaksin tahap kedua bagi warga Yogyakarta pada tanggal 24, 25, 27, 28 dan 29 Mei 2021 di lokasi yang sama.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi sektor pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) diperkirakan berada pada angka 4,1 persen tahun 2020 dan diprediksi kondisi pariwisata akan normal kembali pada 2024 dengan kontribusi diperkirakan 4,5 persen.

Sebagai lifestyle superapp terdepan di Asia Tenggara dengan bisnis inti yang bergerak di bidang perjalanan, Traveloka mewujudkan komitmennya untuk berperan aktif dalam usaha pemulihan ekonomi nasional, salah satunya dengan mendukung program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah serta melibatkan mitra usaha Traveloka di sektor pariwisata untuk membantu operasional dan alur registrasi di Sentra Vaksinasi COVID-19 di Yogyakarta.

Yogyakarta yang merupakan kota pendidikan adalah salah satu destinasi pariwisata penting di Indonesia. Dinas Pariwisata DIY mencatat, pandemi COVID-19 yang melanda sejak tahun 2020 tentunya berdampak kepada kunjungan wisatawan dengan penurunan drastis sebesar 68% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Namun, seiring dengan pemberlakuan kebijakan-kebijakan new normal serta masyarakat maupun wisatawan yang semakin membiasakan diri dengan Protokol Keamanan dan Kesehatan, jumlah kunjungan wisata ke Yogyakarta pun mulai mengalami peningkatan pada kuartal keempat tahun 2020 dan diharapkan untuk terus bertumbuh.

Tentang Traveloka

Traveloka adalah perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memesan beragam produk transportasi, akomodasi, gaya hidup, dan layanan keuangan. Portofolio komprehensif yang dimiliki oleh Traveloka termasuk pemesanan tiket untuk transportasi, seperti tiket pesawat, bus, kereta api, penyewaan mobil, airport transfer, serta inventaris akomodasi terbesar di Asia Tenggara, termasuk hotel, apartemen, guest house, homestay, resort, dan villa, menjadikan Traveloka sebagai platform pemesanan dengan pilihan akomodasi dan paket terlengkap.

Traveloka juga merupakan pelaku industri utama di sektor gaya hidup yang menyajikan pemesanan untuk beragam tempat rekreasi dan kegiatan, konektivitas, serta direktori kuliner. Melalui produk Layanan Keuangan, Traveloka juga menawarkan solusi keuangan, pembayaran, dan asuransi untuk masyarakat underbanked guna membantu pengguna dalam mengatasi kendala keuangan dalam memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup mereka, seperti PayLater, PayLater Credit Card serta produk asuransi yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh.

Traveloka memiliki layanan customer service yang tersedia 24/7 dalam bahasa lokal, serta kemudahan bertransaksi dengan lebih dari 40 metode pembayaran, online dan offline. Aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 60 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan yang paling populer di kawasan Asia Tenggara.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher