Sucofindo Bangun Fasilitas Air Bersih untuk Masyarakat Kota Makassar


Makassar - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, PT. Sucofindo (Persero) membangun fasilitas air bersih dan bantuan perlengkapan ibadah kepada masyarakat kecamatan Tallo kota madya Makassar.

Hal ini tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung Pemerintah Kota Makassar, dan juga dalam rangka mewujudkan program yang lagi dicanangkan yaitu deklarasi Makassar menuju Open Defection Free (DFO) dan peningkatan standar kualitas hidup masyarakat karena semakin tingginya tingkat pencemaran lingkungan.

“Sucofindo melalui Cabang Makassar berusaha untuk peduli terhadap masyarakat sekitar sehingga keberadaanya membawa manfaat langsung dan betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Kami juga siap membantu pemerintah dalam projek-projek pembangunan wilayah,“ Demkian disampaikan Kade Padma Kepala Cabang Makassar dalam sambutan peresmian sarana dan prasarana air bersih, Selasa (6/2).

Peresmian sarana dan prasarana air bersih dan MCK ini, dimana dilakukan penandatangan prasasti oleh Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di daerah yang berlokasi di Kampung Campagayya , Kelurahan Buloa Kecamatan Tallo Kota Makassar, serta diberikan juga bantuan berupa perlengkapan ibadah untuk Mesjid Syuhada.

Sertifikasi CSR

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah merupakan salah satu kewajiban perusahaan sesuai dengan Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 yang menjelaskan tentang Perseroan Terbatas mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan yang bertujuan mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan.

Lebih lanjut Bernard Sihombing Kepala Bagian Pengembangan Bisnis Korporate (PBK) menjelaskan “Saat ini Sucofindo Cabang Makassar telah menyediakan jasa sertifikasi layanan CSR yang dilakukan guna memastikan bantuan yang tepat guna dan tepat sasaran. Layanannya berupa social mapping, pendampingan kegiatan CSR, pelatihan ISO 26000, Community Satisfaction Index (CSI), dan penghitungan dampak CSR dengan metode SROI (Social Return On Investment) dan pembuatan GAP Analysis ISO 26000.” Jelas Kade.

Jasa CSR ini akan membantu setiap perusahaan untuk memberikan laporan sesuai fakta manfaat dari kegiatan program CSR sesuai sasaran dan berkelanjutan, Sebagai bentuk pengakuan bahwa telah dilaksanakannya kewajiban CSR oleh perusahaan, maka perusahaan perlu melakukan evaluasi dan audit yang bertujuan untuk memastikan apakah kegiatan CSR yang telah dilaksanakan mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat atau sekadar menggugurkan kewajiban.

Untuk itulah, Sucofindo berperan dalam pelaksanaan kegiatan audit maupun evaluasi program CSR. Selanjutnya, Sucofindo juga memberikan pelatihan secara berkesinambungan kepada Cabang dan Unit kerja untuk terus menjaga kualitas pelayanan dalam bidang CSR. Saat ini Sucofindo telah melayani beberapa institusi terkait CSR, yaitu PT Pertamina dalam jasa Social Mapping, PT Antam dalam jasa Community Satisfaction Index (CSI) dan PT Anzawara dalam jasa Social Mapping dan Gap Analysis ISO 26000. Selain BUMN dan sektor swasta, Pemerintah Daerah juga menyambut baik layanan ini. Urai Bernard [ ]

Tentang Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Merupakan perusahaan BUMN, dimana Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen .

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan terutama komoditas pertanian serta membantu pemerintah dalam menjamin kelancaraan arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang pergudangan dan forwarding, laboratorium analitis, teknik industri dan kelautan , fumigasi dan kebersihan industri.

Saat ini Sucofindo telah mengembangkan jasa di bidang inspeksi, audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultansi dan pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi terbarukan, pariwisata, pemerintahan dan sistem informasi.

Titik Layanan Sucofindo

Sucofindo berada di 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh ahli di bidangnya . Sucofindo juga memiliki 45 laboratorium terintegrasi, di seluruh Indonesia. Di beberapa titik, Sucofindo juga menyediakan layanan mobile laboratory, untuk memperluas jangkauan layanan sampai ke pelosok.Sucofindo juga memperluas layanan Sucofindo hingga ke luar negeri. Pada 2015, Sucofindo meresmikan cabang Luar Negeri di Korea Selatan dan telah memiliki cabang di Timor Leste serta kantor operasional bekerjasama dengan BUMN lain di Singapura, Malaysia, Shenzhen-Tiongkok, Hongkong, dan Vietnam.

Editor: Administrator 3
Publisher