Sucofindo Raih Apresiasi The Most Entrepreneurial Soe dalam BUMN Marketeers Award 2020


Jakarta (16/09) - PT SUCOFINDO (Persero) meraih penghargaan pada Penganugerahan BUMN Marketeers Award 2020 dengan kategori The Most Entrepreneurial State Own Enterprise (SOE) yang diselenggarakan oleh MarkPlus, Inc  secara virtual melalui media meeting online. Turut serta meresmikan kegiatan tersebut Menteri BUMN RI Erick Thohir.

“Sejak Maret Indonesia menghadapi pandemi dan diperlukan peran BUMN mewujudkan inovasi untuk membantu dampak ekonomi. BUMN Indonesia harus menunjukan kreativitas, inovasi, sampai leadership, apalagi dengan kondisi saat ini. Saya apresiasi Hermawan Kartajaya yang selalu mendorong BUMN untuk memacu kreativitas agar kinerjanya lebih baik lagi memacu leadership serta entrepreneurship berkinerja lebih baik lagi,” kata Erick.

Senada dengan Erick, Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya mengatakan bahwa di masa pandemi ini, adalah momentum yang harus dimanfaatkan untuk bangkit lagi, yaitu masa post normal, sehingga Seize the Normal Momentum: New, Next, Post dipilih menjadi tajuk utama berkat relevansinya dengan kondisi sekarang.

Adapun tujuan pemberian apresiasi ini adalah untuk mendorong BUMN mengedepankan kreativitas, inovasi, dan prinsip entrepreneurship dalam meningkatkan daya saing terutama di masa pandemi. “Sehingga faktor-faktor tadi menjadi parameter penilaian kepada pada pemenang penghargaan, serta bagaimana faktor-faktor tersebut kemudian membantu bisnis mereka bertransformasi digital,” ujar Hermawan.

Selain itu, dengan kegiatan ini juga menjadi ajang untuk sharing of ideas, experiences, dan best practice sebagai bentuk komunikasi bisnis dalam penguatan sinergi antar BUMN. “Dengan penghargaan ini merupakan wujud apresiasi untuk BUMN yang akuntabel dan kredibel dalam mengembangkan strategi dan inovasi marketing dalam peningkatan daya saing,” kata Hermawan.

Proses penjurian BUMN Marketeers Award 2020 ini dinilai langsung oleh juri yang terdiri dari petinggi-petinggi korporasi swasta yang tergabung dalam Indonesia Marketing Association (IMA), Jakarta Chief Marketing Officer (CMO) Club dan Indonesia Council for Small Business (ICSB) Indonesia.

Penilaian ini ditinjau dari aspek Strategic, Tactical, & Special Mention. Khususnya pada kategori Entrepreneurial SOEs yang menitikberatkan pada kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh perusahaan terhadap konsumen di pasar nasional maupun internasional.

 “Terutama di masa pandemi ini kita terus berupaya untuk merespon kebutuhan pelanggan. Selain itu, inovasi yang kami berikan sejalan dengan dukungan kami terhadap pemerintah dan masyarakat dalam meminimalisir Covid-19, salah satunya melayani jasa pengujian kualitas udara dengan jasa Disinfection Monitoring,” jelas Direktur Sumber Daya dan Pengembangan Bisnis PT SUCOFINDO (Persero) Rozainbahri Noor.

Jasa Disinfection Monitoring ini memonitor bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan cek atas keefektifan proses disinfektasi di lingkungan usaha, terutama di bagian yang sering terpapar publik.

Dalam ajang ini juga turut disampaikan apresiasi Dewi BUMN yang disematkan untuk Direktur Komersial 1 PT SUCOFINDO (Persero) Herliana Dewi. Apresiasi ini menurut Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya adalah bentuk komitmen Direksi Wanita yang membawa perubahan kepada perusahaan melalui Inovasi.

Inovasi PT SUCOFINDO (Persero) yang juga sebagai dukungan terhadap pelaku usaha di Indonesia menghadapi masa pandemi ini, yaitu jasa baru Sertifikasi ARISE. Inovasi ini berpedoman para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal.

Sertifikasi ARISE secara umum memiliki skema dalam memantau sumber bahaya dari paparan covid-19, antara lain dengan cara tidak menerima tamu dari daerah atau negara zona merah dan kuning. Persyaratan lainnya terkait Engineering control, menciptakan pembatas berupa kaca atau plastik transparan di petugas front office, meningkatkan nilai tukar udara ruangan untuk meminimalkan terjadinya resirkulasi udara dalam ruangan tempat berkumpul sehingga menimimalkan penularan melalui droplet yang ada di udara.

Kemudian melalui administrative control pengaturan menjaga jarak dengan tamu, tidak bersalaman, pemeriksaan suhu tubuh; serta PPE/APD dalam kelengkapan dan penggunaan masker dan hand sanitizer. Sebagai bentuk peran PT SUCOFINDO (Persero) dalam menjaga kualitas layanan yang disediakan, PT SUCOFINDO (Persero) memilki program untuk memonitoring setiap perencanaan hingga pencapaian target penjualan. Target–target ini ditunjang dengan tenaga penjualan yang memiliki kapasitas dalam bidangnya.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher