TADA, Gojek, dan Moka Luncurkan Gerakan SupportLocalBrandsID Dukung Merek Lokal


Jakarta, 20 April 2020 - TADA, platform retensi konsumen, Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, dan Moka, penyedia aplikasi sistem kasir digital, baru-baru ini meluncurkan gerakan dukung merek lokal atau #supportlocalbrandsID.

Gerakan ini mengajak masyarakat yang #dirumahaja selama masa pandemi COVID-19 untuk mendukung keberlangsungan merek-merek karya anak bangsa favorit mereka di masa penuh tantangan ini.

Adapun kolaborasi ketiga perusahaan teknologi ini menyediakan akses bagi masyarakat untuk membeli kupon dengan harga spesial lewat aplikasi Gojek dan situs web #supportlocalbrandsID. Beragam kupon yang ditawarkan termasuk untuk makanan dan minuman, produk fesyen, layanan kecantikan, kesehatan pribadi, gaya hidup, dan hotel.

“Ide untuk membentuk gerakan ini datang setelah mendengar keluhan para pemilik usaha lokal di masa pandemi ini. Bersama dengan Gojek dan Moka, kami mengerahkan sumber daya yang kami punya untuk membantu para pemilik usaha untuk mempertahankan sumber pendapatan dengan menginisiasi platform #supportlocalbrandsID  yang menyediakan kupon dari berbagai merek lokal agar dapat diakses oleh masyarakat luas,” tutur Managing Director TADA, Antonius Taufan selaku inisiator gerakan ini.

Melalui gerakan ini, baik konsumen dan pemilik bisnis sama-sama memperoleh manfaat. Konsumen dapat membeli lebih awal kupon dari ratusan merek lokal. Kupon ini nantinya bisa digunakan saat layanan tersedia atau bisnis buka kembali. Sementara itu, para pemilik bisnis dapat mempertahankan usahanya dengan adanya pemasukan dari hasil penjualan kupon ini.

“Menyusul kebijakan pemerintah untuk menjaga jaga jarak fisik, kami menutup gerai kami di sejumlah lokasi di Indonesia untuk memastikan kesehatan karyawan maupun konsumen. Namun hal ini tentu berdampak pada lesunya penjualan dan menimbulkan kekhawatiran karyawan. Oleh karena itu, setiap pembelian sangat berarti bagi kami,” tutur Eugenie Patricia, pemilik gerai makanan Puyo Desserts, salah satu merek lokal yang berpartisipasi di gerakan ini.  

Head of Third Party Platform Gojek Sony Radhityo menyampaikan “Gojek sebagai super app karya anak bangsa berkomitmen untuk terus memberikan solusi yang tepat sasaran terhadap permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari, termasuk di masa sulit pandemi COVID-19 ini. Sebagai salah satu bentuk aksi nyata kami, Gojek bersama TADA dan Moka berkolaborasi dalam gerakan #SupportLocalBrandsID untuk mendukung keberlangsungan merek-merek karya anak bangsa di masa penuh tantangan ini, dengan mengajak pengguna untuk membeli lebih awal berbagai kupon di gerai-gerai merek lokal favorit mereka.”

“#SupportLocalBrandsID bisa diakses melalui shuffle card di aplikasi Gojek. Pelanggan cukup memilih shuffle card tersebut untuk mendapatkan harga khusus dari merek-merek lokal favorit mereka. Kami berharap akses kepada jutaan pengguna aplikasi Gojek ini akan membantu mendorong transaksi para pengusaha merek lokal dan membantu keberlangsungan usaha mereka selama masa pandemi ini.” lanjut Sony.

Chief Executive Officer Moka Haryanto Tanjo menyampaikan Moka telah mengimbau 40.000 pelaku usaha yang menggunakan aplikasi kasir digital Moka di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam kampanye ini dan mendukung kemudahan dalam penukaran kupon. “Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk inisiatif kami untuk membantu pelaku usaha dalam menghadapi masa sulit. Melalui gerakan #supportlocalbrandsID, kami berharap para pelaku usaha dapat semakin terhubung ke masyarakat sehingga mendorong cashflow positif selama masa pandemi,” jelasnya.

Ketiga perusahaan kolaborator gerakan ini tidak memungut biaya atas transaksi yang terjadi. Keseluruhan nilai uang yang dibayarkan konsumen akan diberikan sepenuhnya kepada para pelaku usaha yang tergabung dalam gerakan #supportlocalbrandsID.

“Harapan kami, kerja sama dengan perusahaan teknologi ini menjadi salah satu langkah penting bagi TADA yang memiliki visi untuk menunjang kegiatan bisnis dalam meningkatkan performanya, termasuk dalam menghadirkan inovasi dan solusi saat bisnis sedang mengalami masa sulit. Kami juga berharap dapat terus memberikan kemudahan bagi konsumen.” tutup Taufan.

Layanan pembelian kupon dapat diakses melalui aplikasi Gojek dan situs www.supportlocalbrands.id.  Konsumen Gojek cukup membuka aplikasi Gojek dan mengklik shuffle card #supportlocalbrandsID di halaman utama, untuk dapat mengakses berbagai pilihan kupon dari gerai-gerai yang berpartisipasi.

Untuk para pemilik merek lokal Indonesia yang ingin bergabung dengan gerakan ini, dapat mengakses informasi lebih lanjut di www.supportlocalbrands.id dan akun Instagram kami di @supportlocalbrands.id.

Tentang TADA

TADA merupakan end-to-end Customer Retention Platform berbasis teknologi. Misi kami adalah membantu pelaku bisnis untuk mempertahankan dan memaksimalkan profit setiap pelanggan. TADA menghubungkan data perilaku pelanggan dari transaksi online dan offline, sehingga brand bisa mendapatkan analisa data yang komprehensif dan menciptakan program promosi yang tepat untuk para pelanggan. Hingga saat ini, TADA telah dipercaya oleh lebih dari 400 Perusahaan baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

Tentang Grup Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang memelopori model Super App dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya. Sejak awal berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara. Per kuartal keempat 2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh hampir 170 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara. Melansir data dari App Annie ‘2020 State of Mobile Report’, Gojek menjadi aplikasi on-demand paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus menawarkan cara pintar guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sejalan dengan misinya untuk mempermudah kehidupan sehari-hari serta menciptakan dampak sosial positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra penyedia layanan, serta mitra bisnis dan UMKM di dalam ekosistemnya, pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua kalinya ke dalam daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia versi Majalah Fortune tahun 2019 (Fortune’s “Change the World” 2019).

Aplikasi Gojek tersedia untuk diunduh melalui iOS dan Android.

Tentang Moka

Dengan melihat kebutuhan UKM dan juga pelaku bisnis lainnya, Moka menyediakan end-to-end solutions yang dapat digunakan untuk menunjang pelaku bisnis baik dari meningkatkan penjualan, sampai dengan meningkatkan skala bisnis. Dipercaya oleh lebih dari 40.000 bisnis di lebih dari 200 kota dan kabupaten di Indonesia, Moka menyediakan aplikasi Point of Sale (POS) dengan berbagai fitur yang memudahkan pelaku bisnis, serta berbagai macam produk yang mendukung kemudahan bisnis seperti Moka Mobile Payment, Moka Capital dan Moka Connect.

Editor: Marketing Exabytes