Targetkan PeningkatanPenjualan, HOKI Siapkan Produk Baru


Jakarta, 23 Desember 2021 – PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen beras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, terus berusaha melakukan inovasi dalam bisnis dengan menyiapkan dua produk baru sebagai langkah untuk menjadi consumer goods company. Produk baru HOKI yang sedang disiapkan ialah beras jagung dan beras singkong yang diproduksi oleh anak usaha barunya, yaitu PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Adanya produk baru ini adalah untuk menggenjot peningkatan penjualan HOKI kedepannya, diharapkan produk-produk baru yang disiapkan HDN dapat memberikan kontribusi yang baik untuk kinerja HOKI.

Budiman Susilo selaku Direktur HOKI, “Kami optimis kedepannya dapat terus meningkatkan penjualan kami. Terlebih dengan adanya diversifikasi produk-produk baru dari anak usaha kami, yaitu HDN. Tujuannya adalah untuk dapat memberikan nilai tambah dan menjadi berkat bagi konsumen dan stakeholders.

Oleh karena itu, dalam proses riset dan pengembangan produk, kami senantiasa mengarahkan prioritas dan fokus untuk memastikan hadirnya customer value yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen kami saat ini. Di mana produk baru ini juga merupakan bagian dari strategi pengembangan produk berkualitas Perseroan untuk menunjang gaya hidup lebih sehat masyarakat kita.”

HOKI melalui HDN, untuk produk beras jagung dan beras singkong, saat ini sedang tahap akhir persiapan peluncuran. Produk ini diharapkan sesuai dengan gaya hidup konsumen yang semakin peduli dengan kesehatan, kualitas, dan kepraktisan. Produk beras jagung dan beras singkong Perseroan tersebut juga telah mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rencananya, HOKI akan mulai memasarkan produk-produk tersebut di Jabodetabek pada tahun 2022 mendatang. Pemasaran produk baru HOKI ini juga berencana untuk akselerasi perluasan di lima kota besar di Indonesia.

HOKI juga ada penambahan mesin pengering dan penggilingan padi di pabrik Subang, Jawa Barat. Seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian pasca pandemi, serta didukung dengan inovasi produk yang berpihak pada kebutuhan dan gaya hidup konsumen saat ini, HOKI terus memenuhi kapasitas produksinya.

Di sisi lain, HOKI juga terus fokus dalam Environmental, Social and Governance (ESG). Menyambut era pajak karbon pada April 2022 mendatang, HOKI juga terus mendukung bisnis yang berkelanjutan. Upaya-upaya yang dilakukan HOKI, antara lain dengan menjalankan Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi berkapasitas 3MV di Palembang, Sumatera Selatan, dalam rangka memanfaatkan limbah dari sekam padi. Selain itu, HOKI telah melakukan pemasangan mesin pengolah sekam menjadi pellet. HOKI juga telah mendapat sertifikasi ESG tahap pertama secara global oleh Planet Mark dan saat ini dalam proses tahap kedua.

Sebagai informasi, pada Kuartal III-2021, HOKI mencatatkan kenaikan margin laba kotor sebesar 14,18%. Margin laba kotor HOKI juga meningkat dalam beberapa kuartal terakhir karena adanya penambahan mesin pengering. Seiring dengan perubahan pola perilaku konsumen dimasa pandemi Covid19, penjualan online HOKI juga tercatat meningkat sekitar 147% pada Kuartal III-2021 dibandingkan pada Kuartal III-2020. “Diharapkan dengan adanya produk baru dan penerapan ESG HOKI dapat menargetkan kenaikan penjualan kedepannya. Serta, HOKI dapat terus berkontribusi dalam lingkungan keberlanjutan,” tutup Budiman.

Sekilas PT Buyung Poetra Sembada Tbk:

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”) yang didirikan pada tahun 2003 adalah perusahaan produksi dan distribusi beras di mana awal pendiriannya adalah sebagai bentuk pengembangan usaha dari Toko Buyung Palembang (berdiri sejak tahun 1977) untuk mendistribusikan beras “TOPI KOKI” di Jakarta.

Produk HOKI yang paling dikenal adalah merek “TOPI KOKI” dan “HOKI”. Selain itu, HOKI memproduksi beras dengan merek: Rumah Limas, BPS, Belida (beras pera), dan menjual ke B2B seperti beras menir (Broken Rice) ke pabrik bihun dan untuk keperluan lainnya. HOKI juga memproduksi Beras Private Brand untuk perusahaan atau institusi lain berdasarkan kerja sama yang disepakati.

Pemasaran HOKI selain dilakukan di pasar tradisional (general trade) juga didistribusikan ke pasar modern dengan memasok ke Hypermarket, Supermarket, dan Minimarket. HOKI juga memasarkan produknya melalui Online Marketplace. HOKI memiliki pabrik di Pamanukan, Jawa Barat dan pabrik di Pasar Induk Cipinang. Selain itu, Perseroan juga memiliki gudang di Sidoarjo, Jawa Timur.

Beras produk HOKI berasal dari beras pilihan hasil petani Indonesia, diseleksi dan diawasi secara ketat mutunya oleh ahli beras yang berpengalaman, dan diproses dengan mesin modern sehingga menghasilkan beras berkualitas super dan higienis. HOKI menjaga kualitas produk beras dengan menerapkan standar yang baik, mulai dari proses pengadaan bahan baku sampai kepada proses pengolahannya di pabrik, seperti tahapan penyaringan, pengupasan kulit luar butiran beras, pemisahan dengan benda lain (seperti batu, dll), pemolesan, hingga pengepakan. Sejak tahun 2017, semua tahap proses produksi beras HOKI telah dinyatakan halal dengan diterbitkannya sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pada bulan Agustus 2020, HOKI memperoleh sertifikasi keberlanjutan yang diakui secara internasional dari The Planet Mark UK yang berlaku hingga 31 Agustus 2021. Untuk sertifikat dapat diakses melalui https://topikoki.com/raih-sertifikasisustainability-global-by-the-planet-mark-2/

Editor: Marketing Exabytes