Jakarta, 19 Februari 2021 – Setelah pertama kali diluncurkannya program Marine Debris Ranger di Provinsi Sulawesi Utara pada Maret 2020 lalu dan sempat tertunda karena pandemi COVID-19, memasuki tahun 2021 ini KFC Indonesia kembali melanjutkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan dengan melanjutkan program kolaborasi bersama organisasi pemerhati lingkungan Divers Clean Action (DCA). Sejalan dengan kampanye yang dicanangkan oleh KFC Indonesia bertajuk ‘KFC Untuk Negeri’ yakni bentuk dedikasi KFC untuk terus melakukan perubahan positif berkelanjutan, program sosial ini dibuat untuk menginspirasi generasi muda dan seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga lingkungan, terutama mengurangi produksi sampah dan pengelolaannya.
Mengawali tahun 2021 ini, KFC Indonesia bersama Divers Clean Action memulai kembali kegiatan Marine Debris Ranger (MDR) pada 6 Januari 2021 di pantai Pagedongan, Banten sebagai wilayah pertama binaan program ini. Serentak di bulan Januari 2021, program MDR mulai berjalan di empat lokasi lainnya di beberapa wilayah Indonesia yakni di Aceh, Jambi, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara dengan beragam kegiatan yang fokus untuk melestarikan lingkungan seperti membersihkan pantai dan sungai, edukasi ke sekolah maupun warga setempat, pelatihan pengolahan sampah, serta melakukan sampling sampah ke rumah-rumah warga setempat. Selama kegiatan berlangsung, KFC Indonesia dan DCA berkomitmen untuk mengikuti anjuran Pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sebagai usaha konkrit dalam menghindari penyebaran virus COVID-19.Salah satu pelatihan yang diberikan kepada masyarakat adalah pengelolaan sampah menjadi ecobrick seperti yang dilakukan tim MDR di area Nusa Tenggara Barat yang mengangkat tema ‘Dari Sampah Menjadi Rupiah’, yaitu program pemanfaatan botol plastik yang diisi padat dengan limbah plastik fleksibel untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali antara lain menjadi perabot kursi sofa. Pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi dan mengubah pandangan masyarakat setempat mengenai manfaat limbah botol plastik yang dapat menghasilkan suatu produk dengan nilai ekonomi yang lebih tinggi, tak hanya sebatas menjual limbah botol plastik yang belum diolah ke bank sampah. Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Tbk mengungkapkan, “Sempat tertunda selama pandemi tahun 2020 lalu, di tahun 2021 ini KFC Indonesia bersama Divers Clean Action melanjutkan kembali program Marine Debris Ranger dengan melibatkan generasi muda yang berperan sebagai ranger atau pahlawan pemerhati lingkungan serta bekerja sama dengan komunitas lingkungan setempat. Telah berjalan di lima titik lokasi, program ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun dengan total 10 titik lokasi di seluruh Indonesia. Kami berharap melalui program ini masyarakat dapat tergerak untuk turut memberikan kontribusi positif kepada lingkungan bumi pertiwi dengan melakukan langkah kecil seperti pemilahan sampah dan mengelolanya bahkan menjadi sebuah produk yang bernilai tambah.” Berdasarkan survei Pusat Penelitian Oseanografi dan Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2020, ditemukan bahwa selama masa pembatasan sosial kegiatan masyarakat dan kebijakan bekerja dari rumah berlangsung, terjadi peningkatan jumlah sampah rumah tangga dengan mayoritas sampah plastik, selotip, dan bubble wrap. Data dari survei LIPI tersebut mengungkap kurangnya aksi dari masyarakat terhadap masalah sampah walaupun tingkat kesadaran warga cukup tinggi terhadap isu sampah plastik. Berdasarkan hasil survei ini, KFC Indonesia dan DCA merasa semakin tergerak untuk tetap menjalankan program MDR walaupun masih berada di tengah pandemi.Untuk itu, kegiatan ini senantiasa mengikuti protokol kesehatan ketat. Swietenia Puspa Lestari, Penggagas dan Direktur Eksekutif Divers Clean Action menjelaskan, “Dengan dilanjutkannya kegiatan Marine Debris Ranger tahun ini, kami berharap dapat mengedukasi masyarakat dengan cakupan yang lebih luas agar pengelolaan sampah dapat lebih maksimal serta menekan jumlah produksi sampah kedepannya, terutama yang berujung di perairan Indonesia baik di laut maupun sungai. Kegiatan yang kami lakukan selama masa pandemi ini tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kami juga membatasi jumlah relawan yang mengikuti kegiatan ini di setiap wilayah, dan menyesuaikan jumlah relawan dengan luas wilayah atau kebutuhan per wilayah.” Komitmen KFC terhadap lingkungan telah ditunjukkan sejak tahun 2012 dalam Program KFC Green Action. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari program penanaman lahan gersang di tahun 2007. Semangat peduli lingkungan kemudian diperkuat dengan gerakan No Straw Movement sejak Mei 2017 dan mempersembahkan stainless straw eksklusif dalam rangka 40 tahun KFC Indonesia pada Juli 2019. Program lainnya adalah gerakan Budaya Beberes yang mengajak konsumen KFC agar senantiasa membereskan setiap sisa makanannya di manapun, tidak hanya di restoran KFC, dan lalu membuangnya ke tempat sampah. Sejak 2019, gerai KFC Indonesia di beberapa wilayah di Indonesia telah mengganti plastik sekali pakai dengan kantong ramah lingkungan dan pada tahun ini KFC Indonesia juga menawarkan tote bag atau tas pakai ulang sebagai alternatif pengganti plastik yang tersedia di seluruh gerai di Indonesia. Gerakan ini juga bertujuan untuk mendukung peraturan pemerintah daerah dalam menekan produksi sampah plastik. Tentang PT Fast Food Indonesia P.T. Fast Food Indonesia, Tbk. adalah sebuah perseroan yang didirikan pada tahun 1978 dan pemegang hak ekslusif usaha waralaba restoran KFC di Indonesia. Restoran pertama KFC berdiri pada tahun 1979 di Jakarta. Produk unggulan perseroan adalah Original Recipe (kini disempurnakan menjadi New Improved Original Recipe) dan Hot Crispy Chicken yang tetap merupakan ayam goreng paling digemari dalam berbagai survei konsumen di Indonesia. Dalam perjalanannya, KFC terus menambah koleksi menu-menu andalannya. Selama 41 tahun berkiprah di industri restoran cepat saji Indonesia, saat ini KFC memiliki 750 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 16.000 karyawan. Sebagai restoran berslogan ‘Jagonya Ayam’, KFC selalu menggunakan daging ayam dengan kualitas unggul yang diambil dari tempat pemotongan ayam yang selalu dijaga dan diawasi prosesnya, sehingga ayam yang dihasilkan pun lebih terjamin, higienis dan sehat. Semua bahan baku dan produk yang disajikan KFC, tidak hanya produk ayam, sudah mendapat sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan proses produksi para pemasok bahan KFC terus diawasi oleh pihak Quality Assurance KFC. Tentang Divers Clean Action Divers Clean Action (DCA) dibentuk pada tahun 2015 oleh seorang mahasiswa teknik lingkungan dan penyelam yang tumbuh di salah satu pulau kecil di Indonesia, yang percaya sistem manajemen sampah di pesisir dan pulau kecil memiliki peran penting dalam memerangi isu sampah laut. Sejak 2017, DCA resmi menjadi yayasan yang dipimpin pemuda dengan lebih dari 1000 relawan di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Pada awal terbentuknya, DCA mengumpulkan data sampah laut di pantai, bawah laut, dan sampah penduduk di area pesisir menggunakan pedoman yang dikembangkan bersama beberapa pengajar universitas dan pemerintah Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan, DCA menemukan banyak kesenjangan dan tantangan yang membuat DCA mengimplementasikan berbagai program seperti riset citizenship science, kampanye & pelatihan, pengembangan masyarakat, dan kolaborasi dengan sektor swasta melalui program CSR/EPR. Per 2020, DCA telah membantu perkembangan muda/i peduli lingkungan di seluruh Indonesia melalui Indonesian Youth Marine Debris Summit dan Marine Debris Ranger yang berdampak pada lebih dari 14.285 masyarakat, melakukan program Save Our Ocean and Small Islands bekerjasama dengan pemerintah setempat mengimplementasikan pemilahan sampah dari sumber dan pengumpulan sampah secara terpilah di 5 pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu, membantu penyusunan program CSR lingkungan berbagai pihak swasta, tergabung dalam aliansi global Sustainable Ocean Alliance, mengumpulkan data bersih pantai dan laut yang turut digunakan sebagai referensi Jakstrada Pengelolaan Sampah dalam mewujudkan Kepulauan Seribu yang bersih di tahun 2025, serta mengembangkan database sampah laut pertama di Indonesia yaitu www.marinedebris.id.
Editor: Marketing Exabytes