Jakarta, 9 Desember 2021 – Tetra Pak, perusahaan solusi pemrosesan dan pengemasan pangan kelas dunia, bersama dengan salah satu merek santan kemasan terkemuka, SUN Kara, telah mengadakan diskusi virtual bertema “Kitchen Cabinet: What’s Trending in 2021” dalam rangka membahas tren makanan terkini serta meningkatkan pengalaman konsumen selama memasak di rumah melalui dua buah kemasan segitiga yang praktis dan juga berkualitas. Perlahan namun pasti, situasi pandemi COVID-19 di Indonesia kian membaik: perjalanan antarkota dan antarnegara yang mulai diperbolehkan, sekolah yang mulai dibuka, serta gerai makanan dan minuman yang mulai dapat diisi dengan kapasitas semestinya dengan syarat menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa wabah COVID-19 telah banyak mendisrupsi cara hidup dan kebiasaan kita, termasuk pula dalam hal memasak.
Perubahan kebiasaan memasak masyarakat selama pandemi pun menciptakan tren dan pola perilaku baru di industri kuliner. Sebagai contoh, laporan mengenai tren industri makanan dan minuman selama pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh Grab Indonesia dan NielsenIQ pada 2020 mencatat bahwa ada peningkatan sebesar 19 persen akan jumlah orang yang memasak di rumah akibat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) [1]. Adapun untuk tren menu makanan dan minuman, resep-resep yang dapat dikombinasikan dengan santan nyatanya juga menarik perhatian publik. Resep-resep seperti rendang sapi, donat, serta pempek dos turut menduduki urutan teratas dari daftar sepuluh menu dengan angka pencarian tertinggi berdasarkan data statistik Google Trends pada 2020[2]. Melihat tren kuliner selama pandemi yang sangat dinamis, Tetra Pak bersama SUN Kara ingin meningkatkan pengalaman memasak di rumah melalui dua bentuk kemasan segitiga. Dua kemasan ini turut menawarkan kualitas, volume, serta ukuran produk yang sama kepada konsumen, agar mereka dapat merasakan pengalaman memasak yang aman dan efisien di dapur rumah masing-masing. Turut hadir dalam diskusi virtual, Marketing Manager PT Kara Santan Pertama Kenedy Hermawan mengatakan, “Sebagai pionir dari kategori produk santan kemasan, SUN Kara berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi serta menjaga kualitas keamanan pangan terhadap produk-produk kami, secara khusus melalui kerja sama dengan perusahaan pemrosesan dan pengemasan pangan terbaik. Dengan dukungan Tetra Pak sebagai mitra, kami pun telah menggunakan teknologi pengolahan UHT dan pengemasan aseptik, termasuk dalam proses produksi santan kemasan dua segitiga. Melalui kemasan ini, kami ingin memastikan bahwa SUN Kara telah memberikan pengalaman memasak terbaik kepada para pelanggan dengan penyediaan produk yang mudah digunakan, berkualitas tinggi, serta higenis. Dua kemasan segitiga tersebut juga memiliki kualitas, kepraktisan, rasa, serta ukuran yang sama. Kami pun dapat memastikan bahwa kedua kemasan tersebut cocok untuk berbagai resep masakan, baik itu yang tradisional maupun modern,” Lebih lanjut, Marketing Manager Tetra Pak Indonesia Santi Panjaitan juga menjelaskan, “Di era new normal ini, masyarakat kita terus berkreasi dalam hal kegiatan memasak di rumah. Meski harus berdiam diri di rumah dalam waktu yang lama, nyatanya banyak pula dari mereka yang mampu membuat resep-resep baru, inovatif, bahkan dapat viral di media sosial. Oleh karena itu, dengan adanya santan kemasan dua segitiga, kami pun ingin mengakomodasi kebutuhan konsumen dalam rangka membantu mereka meningkatkan pengalaman memasaknya melalui pemanfaatan kemasan yang dapat ditata secara rapi, bahkan ketika telah dibeli dalam jumlah banyak sekali pun. Selain itu, kami juga merumuskan jenis kemasan ini untuk dapat menjawab permintaan konsumen akan solusi memasak yang praktis dan higenis,” “Sebagai seorang chef, pandemi COVID-19 tentunya telah membawa banyak tantangan baru terkait rutinitas memasak dan kelangsungan bisnis kuliner. Situasi yang mengkhawatirkan pun turut membuat belanja bahan makanan di mall atau supermarket, baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, menjadi pilihan yang dihindari, mengingat kita harus menjaga orang-orang terdekat dari risiko penularan virus. Dengan demikian, belanja bahan makanan secara daring menjadi alternatif yang baik ketika kita perlu membeli produk dalam jumlah banyak, terutama untuk menjaga ketersediaan stok. Dalam hal ini, inovasi Tetra Pak dan SUN Kara untuk menghadirkan santan dengan dua kemasan berbentuk segitiga adalah jawaban yang tepat. Dengan adanya kemasan ini, konsumen dapat memiliki pilihan yang lebih baik untuk berbelanja produk santan kemasan secara daring tanpa harus mengkhawatirkan kualitas dari produk yang dipesan,” ujar Chef Rinrin Marinka. Food reviewer dan content creator MGDALENAF menambahkan “Sebagai pecinta kuliner, memasak sendiri lama-kelamaan dapat mejadi sesuatu yang membosankan, terutama ketika kita sudah terlalu lama berada di dalam rumah. Kita pun telah banyak melihat jenis-jenis makanan kekinian yang ternyata bisa dikombinasikan dengan santan, seperti donat bomboloni, dessert box, sampai minuman boba. Hal ini merupakan hasil kreativitas dan inovasi dalam cara memasak dari orang-orang yang berupaya untuk menikmati waktunya selama di rumah bersama orang-orang terdekat. Santan kemasan dua segitiga milik SUN Kara Tetra Pak pun turut memfasilitasi kebutuhan mereka untuk berkreasi dengan menu makanan di rumah; kita dan mereka dapat merasakan pengalaman memasak yang anti-membosankan sembari melakukan eksperimen kuliner bersama orang-orang tersayang selama di ada rumah,” Dengan tersedianya santan kemasan dalam dua segitiga, Tetra Pak dan SUN Kara berharap produk santan kemasan SUN Kara yang saat ini sudah dikenal publik dapat semakin mempermudah aktivitas masak-memasak para penggunanya di rumah selama pandemi, atau bahkan di era new normal. Kedua kemasan tersebut pun diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi konsumen yang hendak bereksperimen dengan rutinitas memasak baru atau resep makanan bersantan di rumah, dengan jaminan ukuran, volume, rasa, efisiensi, keamanan, serta kualitas produk yang sama. TENTANG TETRA PAK Tetra Pak adalah perusahaan solusi pemrosesan dan pengemasan makanan terkemuka di dunia. Melalui kemitraan dengan pelanggan dan pemasok, Tetra Pak menyediakan produk-produk yang aman, inovatif, ramah lingkungan, serta mampu memenuhi kebutuhan dari ratusan juta orang di lebih dari 160 negara. Dengan lebih dari 25.000 karyawan di seluruh dunia, Tetra Pak percaya pada nilai kepemimpinan industri yang bertanggung jawab serta pendekatan bisnis yang berkelanjutan. Komitmen Tetra Pak, “PROTECTS WHAT'S GOOD™,” pun turut mencerminkan visi perusahaan untuk membuat cadangan pangan tetap aman serta tersedia, di mana saja.
Editor: Marketing Exabytes