Jakarta, 25 Januari 2022 - Era yang serba digital di zaman modern seperti sekarang membuka peluang bagi para pelaku industri untuk memanfaatkan teknologi demi meningkatkan pelayanan mereka bagi masyarakat, baik melalui inovasi maupun kolaborasi. OVO, sebagai platform pembayaran digital pilihan masyarakat Indonesia,1 memperkuat sinergi yang sebelumnya sudah terjalin dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret), pemilik jaringan minimarket terbesar di Indonesia, dan kini hadir sebagai metode pembayaran terbaru di lebih dari 19.500 cabang Indomaret yang tersebar di Sumatra, Batam, Jawa, Madura, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Sebelumnya, pada November 2021, OVO sudah lebih dahulu bekerja sama dengan Indomaret dengan menghadirkan fasilitas top up saldo OVO di seluruh cabang Indomaret untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi 95 juta penduduk yang belum memiliki rekening bank.2
Kehadiran OVO sebagai layanan pembayaran non tunai dan cardless di Indomaret turut memfasilitasi peningkatan tren industri ritel di Indonesia. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) kian optimis dengan kinerja industri ritel pada kuartal terakhir tahun 2021 yang lebih baik dibanding dengan kuartal sebelumnya, seiring dengan membaiknya perekonomian nasional. Industri ritel mampu tumbuh di kisaran 3 hingga 3,5 persen secara tahunan (yoy) pada periode Oktober-Desember 2021. Berdasarkan data Retail Rankings 2021 yang dibuat YouGov, Indomaret menduduki peringkat pertama sebagai ritel dengan nilai konsumen tertinggi , sementara OVO diakui sebagai platform pembayaran digital yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. “Seiring dengan peningkatan tren adopsi digital dan kinerja industri ritel yang kian membaik, OVO percaya kolaborasi yang terjalin dengan Indomaret dapat semakin memberikan kemudahan dan keuntungan bagi para pengguna untuk bertransaksi, bahkan hingga ke pelosok Indonesia sekalipun. Hal ini sekaligus menjadi wujud komitmen OVO untuk terus memperluas layanan dan penggunaan aplikasinya di segala lini industri, memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang, terutama mereka yang belum memiliki akses bank,” tutur Head of Corporate Communication OVO, Harumi Supit. Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Darmawie Alie, turut menyambut baik kolaborasi pembayaran digital antara Indomaret dengan OVO. “Dengan kehadiran belasan ribu gerai Indomaret di seluruh pelosok Indonesia dan bergabungnya OVO sebagai salah satu pemain digital terbesar, kami yakin kolaborasi yang terjalin dapat menjadi terobosan positif dalam melayani kebutuhan masyarakat. Kami senang dapat menjadikan OVO sebagai salah satu pilihan pembayaran terbaru di Indomaret yang tentunya lebih mudah dan aman, ditambah dengan kolaborasi berbagai program promo menarik yang akan semakin memberikan keuntungan bagi para pengguna setia, di mana pun mereka berada.” Terhubungnya dua ekosistem besar ini, yang mana satunya merupakan ekosistem offline dan satunya lagi online, diharapkan dapat saling melengkapi, sekaligus memperkuat OVO sebagai solusi untuk masyarakat unbanked, sejalan dengan prinsip inklusi keuangan digital yang menjadi salah satu agenda prioritas G20 . OVO berharap, seiring dengan peningkatan tren pengadopsian digital di Indonesia, kolaborasi ini dapat mempermudah seluruh pengguna untuk mengakses layanan pembayaran digital di berbagai tempat, terutama bagi masyarakat dengan akses layanan keuangan yang masih sangat terbatas. Ke depannya, OVO akan terus menerus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai lini industri serupa untuk senantiasa melengkapi kebutuhan finansial para penggunanya, terlebih selama pandemi. Sebagai apresiasi bagi pengguna, OVO dan Indomaret menghadirkan program promo yang dimulai dari tanggal 24 Januari 2022, yakni dengan promo Serbu Untung 60% berupa voucher diskon di aplikasi OVO dan bonus voucher 5.000 khusus untuk pengguna baru, di awal bulan Februari juga disertai dengan Promo bayar via OVO untuk kategori-kategori khusus pada katalog mingguan Indomaret dan OVO Serbu Untung Spesial Minggu, yakni promo untuk pilihan produk tertentu di setiap hari minggu, termasuk promo top up saldo OVO. Terakhir, untuk periode 20 - 31 Januari 2022, pengguna akan memperoleh produk S-tee gratis untuk setiap top up diatas Rp250.000. Info lengkap sekaligus syarat dan ketentuan terkait promo-promo tersebut dapat dilihat secara langsung di aplikasi maupun media sosial resmi OVO. Tentang OVO OVO sebagai platform pembayaran dan layanan keuangan digital terdepan di Indonesia berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan melalui produk dan layanan yang nyaman, aman dan terjangkau. Merangkul lebih dari 1,2 juta merchant QRIS di 430+ kota dan kabupaten, aplikasi OVO dapat digunakan untuk mengakses pembayaran, transfer, top up dan tarik dana, serta layanan asuransi, investasi dan pinjaman di seluruh nusantara. Tentang Indomaret Minimarket Indomaret menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. November 2016, Indomaret menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai “Perusahaan Waralaba Utama”. Sebelumnya, tahun 2003 penghargaan yang sama diterima dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Tahun 2017 keempat kalinya Indomaret meraih penghargaan tingkat Asia Pasifik. Dua penghargaan dinobatkan kepada Indomaret, “Gold Award” sebagai Peringkat 1 Top 10 Retailers di Indonesia & Best-of-the-Best Top Retailers Asia Pacific. Penghargaan dari Majalah Retail Asia ini berdasarkan riset dan analisa yang dilakukan oleh Euromonitor, lembaga riset pasar strategis terkemuka di dunia. Hingga November 2021, Indomaret mencapai 19.446 toko tersebar di Jawa, Bali, Lombok, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, Batam, Sulawesi, dan Kalimantan. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. Indomaret melayani payment point berbagai merchant/ biller (transportasi, multi finance, e-commerce, PDAM, dan lain sebagainya). Untuk memudahkan dalam transaksi belanja dan pembayaran payment point, Indomaret memiliki alat pembayaran virtual yaitu i.saku yang memberikan promosi dan keuntungan yang menarik. Tak hanya belanja secara langsung di toko, pelanggan dapat lebih mudah belanja melalui aplikasi online Klik Indomaret. Mengembangkan inovasi yang memudahkan pelanggan, Indomaret hadir sebagai minimarket pertama yang melayani sistem drive thru.
Editor: Marketing Exabytes