Transaksi Produk Fesyen Muslim di Tokopedia Meningkat 2 kali Lipat


Indonesia, 17 Februari 2021 - Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam mencatatkan antusiasme tinggi masyarakat dalam berbelanja produk fesyen muslim secara daring. “Terlihat dari subkategori Fashion Muslim di Tokopedia yang mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat belakangan ini,” ungkap Head of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah.

“Baju koko pria, rompi muslim, sajadah, sarung anak dan jilbab menjadi produk dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia sepanjang 2020 dibandingkan 2019,” tambah Falah.

Tazkia Hijab Store dan Zoya merupakan contoh pegiat usaha di industri fesyen muslim lokal, yang telah memanfaatkan platform digital Tokopedia demi beradaptasi sekaligus mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

Dihantam Pandemi, Tazkia Hijab Store Gencar Manfaatkan Platform Digital

Abu Nasor Al Farobi (Robi), memulai bisnisnya pada 2014 sebagai reseller produk fesyen muslim. Robi dan istri kemudian mulai mendesain dan memproduksi sendiri produk-produknya dengan nama Tazkia Hijab Store pada 2017.

Melalui Tazkia Hijab Store, Robi menjual beragam produk fesyen muslim wanita seperti tunik, blus wanita, gamis hingga perlengkapan ibadah seperti mukena. “Ratusan ribu produk yang terjual lewat Tokopedia berkontribusi terhadap hampir 50% dari total penjualan keseluruhan,” ungkap Robi.

Namun kondisi awal pandemi memukul keras usaha Robi. “Omzet kami sempat menurun drastis hingga hampir 100%,” lanjutnya. Meskipun demikian, Robi tak lantas patah semangat.

“Saat ini, ada lebih dari 100 karyawan yang bergantung pada usaha ini. Karena itu, saya terus beradaptasi dan berinovasi agar tetap bisa mempertahankan karyawan di tengah pandemi,” ungkap Robi.

Robi juga mulai gencar memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia demi meningkatkan penjualan. “Dengan memanfaatkan TopAds dan Bebas Ongkir, kami bisa menarik perhatian pembeli sehingga penjualan perlahan membaik. Kini transaksi meningkat lebih dari 2x lipat dibanding awal pandemi,” tambah Robi.

Di tengah pandemi, Robi pun tak lupa untuk berbagi dengan sesama. Ia memproduksi serta membagikan ribuan masker dan makanan gratis di beberapa masjid di wilayah Bandung.

Tokopedia Salam Dukung Brand Hijab Lokal Bertahan di Tengah Pandemi

Di sisi lain, Tokopedia melalui akun media sosial Tokopedia Salam juga telah mengadakan kompetisi #SalamBestHijabBrand dalam rangka mengapresiasi para pelaku usaha fesyen muslim lokal yang terus beradaptasi dan berinovasi selama pandemi melalui platform teknologi seperti Tokopedia.

Deny Setiawan, selaku CEO Shafira Group yang menaungi brand ZOYA, mengatakan, “Alhamdulillah produk hijab kami masih menjadi favorit masyarakat. Tingginya apresiasi ini terlihat pada transaksi penjualan yang meningkat hingga lebih dari 2x lipat di Tokopedia. Apresiasi dan antusiasme masyarakat yang menjadikan ZOYA sebagai Hijab Best Brand ini tentu merupakan sebuah motivasi bagi kami untuk terus berinovasi memberikan produk yang terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.”

“Di tahun 2021, selain produk yang lebih baik, kami juga membawa semangat baru dalam tema koleksi produk yang akan hadir, yaitu Self-Love Scarf Collection. Tema cerita seperti ini diharapkan dapat memberikan semangat mencintai diri sendiri kepada customer yang menggunakan produk ZOYA dalam aktivitas sehari-harinya. Juga untuk mengingatkan betapapun beratnya satu tahun ini, selayaknya kita dapat bersyukur kita semua sudah mampu melaluinya,” tambah Deny.

“Tokopedia percaya bahwa adaptasi dengan berkolaborasi dan berinovasi menjadi kunci menghadapi pandemi. Tokopedia juga berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukung lebih banyak pegiat usaha di industri fesyen muslim lokal demi menggerakkan perekonomian nasional yang terdampak pandemi,” tutup Falah.

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher