Jakarta, 9 Desember 2021 – PT Unilever Indonesia, Tbk. Tanggal 5 Desember lalu merayakan hari jadinya yang ke-88, menandakan perjalanan panjang Perusahaan yang dengan konsisten selalu mendampingi masyarakat Indonesia, berbagi kebaikan dalam setiap tantangan dan momen penting yang dihadapi oleh bangsa. Dalam kesempatan istimewa ini, Unilever Indonesia memberikan penghargaan kepada 10 sosok “Every U Does Good Heroes” atas ide dan kontribusi visioner mereka yang sejalan dengan pilar kebaikan Unilever Indonesia, dengan harapan dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk memberi kebaikan.
Kristy Nelwan, Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk. mengungkapkan, “Purpose atau tujuan mulia adalah jantung dari operasi bisnis Unilever, termasuk Unilever Indonesia. Purpose kami sejak dulu tidak pernah berubah, yaitu menjadikan kehidupan berkelanjutan sebagai hal yang lumrah bagi semua orang. Kami sangat bersyukur bahwa sepanjang 88 tahun perjalanan ini, Unilever Indonesia mampu untuk terus mewujudkan komitmen menjadi perusahaan yang senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga lingkungan.” “Komitmen ini diperkuat dengan strategi baru Unilever secara global, yaitu ‘The Unilever Compass’. Sebagai perusahaan yang purpose-led dan future-fit, Unilever Indonesia percaya bahwa bisnis seharusnya mampu menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang dihadapi dunia, termasuk permasalahan lingkungan dan sosial,” lanjut Ira. Terdapat tiga fokus pilar kebaikan yang telah dijalankan Unilever Indonesia selama 88 tahun, yang sejalan dengan fokus “The Unilever Compass” yaitu: (1) Membangun planet yang lebih lestari, (2) Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan (3) Berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif . Percaya bahwa masa depan yang berkelanjutan merupakan tanggung jawab bersama, Unilever Indonesia juga selalu melibatkan partisipasi aktif masyarakat di seluruh kampanye ataupun programnya, karena kesuksesan dari pembangunan berkelanjutan tidak terlepas dari kesadaran dan peranan masyarakat dalam membuat perubahan. Hal ini salah satunya terwujud melalui program “Every U Does Good Heroes”. Program yang diselenggarakan sejak Agustus lalu ini bertujuan menemukan sosok-sosok pahlawan masa depan yang mampu menunjukkan kiprah dalam menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif – sejalan dengan tiga pilar kebaikan Unilever. Program ini merupakan bagian dari kampanye “Every U Does Good” yang mengajak masyarakat untuk: lebih cermat memilih brand yang dapat membantu mereka berkontribusi dalam upaya-upaya berkelanjutan untuk memberikan dampak baik kepada lingkungan dan masyarakat. Selama Oktober - November, sebanyak 100 peserta terpilih dari berbagai wilayah di Indonesia dengan purpose serta program yang paling relevan dan berpotensi untuk berkembang telah mendapatkan rangkaian mentoring yang bermanfaat, termasuk lima mentor inspiratif yang berhasil membuktikan bahwa purpose kuat akan membawa dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat. Kelima mentor tersebut adalah: Mohamad Bijaksana Junerosano (CEO & Pendiri Waste4Change), Helga Angelina Tjahjadi (Pendiri Burgreens & Green Rebel Foods), Stevia Angesty (Co-Founder Feelwell Ceramics), Ayu Kartika Dewi (Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id), dan Nicky Clara (Disability Womanpreneur). Sebagai puncak, bertepatan dengan hari jadi Unilever Indonesia yang ke-88, diumumkan 10 sosok “Every U Does Good Heroes” yang masing-masingnya berhak menerima micro grant sebesar Rp30 juta untuk mengembangkan project mereka, disertai pembinaan lanjutan secara intensif dari para mentor dan tim Unilever Indonesia. Mereka adalah: 1. Ari Gunawan, Bali - Organisasi “Precious Island” 2. Dicky Dwi Alfandy, Lampung - Gerakan “Gajahlah Kebersihan” dengan program “Marine Debris Ranger” 3. Katrin Sovia Ifana Sari Moko, Jakarta - Gerakan “Be Home Indonesia” 4. Erliana, Jakarta - Komunitas “Bersama Lansia” 5. Ni Putu Gita Saraswati, Bali - Organisasi “Kolaborasi Bumi Indonesia” dengan project “Menstrucaraka” 6. Arif Fajar Saputra, Jakarta - Organisasi “NUXCLE” dengan program “ZUBOARD” 7. Sandi Mahendra, Sumatera Utara - Gerakan “Terpandu” (Tiap Orang Punya Kesempatan Kedua) 8. Akbar Trio Mahsuri, Jawa Timur - Program “Student Interfaith Peace Camp” 9. Nissi Taruli Felicia, Jakarta - Komunitas “Feminis Themis” 10. Diva Asnawi, Jakarta - Organisasi “KONEKIN” dengan project “BISA” Kesepuluh millennials inspiratif ini semakin memperkuat keyakinan Unilever Indonesia akan ‘the power of brand with purpose dan people with purpose’, dimana sinergi antara brand yang memiliki tujuan mulia, dengan orang-orang yang juga memiliki tujuan mulia mampu membawa perubahan yang signifikan terhadap keberlanjutan masa depan. “Selamat kepada seluruh pemenang, semoga dapat terus berperan menjadi pendorong kebaikan dimanapun mereka berada, serta menularkan semangat dan komitmennya ke lebih banyak generasi muda Indonesia. Mari ciptakan ekosistem yang semakin lengkap dan terintegrasi untuk bersama memberikan begitu banyak kebaikan untuk Indonesia!” tutup Kristy. KESAN DAN PESAN PARA MENTOR TERHADAP PROGRAM “EVERY U DOES GOOD HEROES” M. Bijaksana Junerosano - CEO & Pendiri Waste4Change Mentor pilar I: Membangun Planet yang Lebih Lestari ”Program “Every U Does Good Heroes” merupakan program inisiasi yang sangat baik karena selain mendukung para peserta terpilih dengan micro grant, program ini betul-betul memastikan bahwa generasi muda mendapatkan pendampingan yang maksimal melalui sesi mentoring dari para mentors. Bagi saya hal ini krusial terlebih lagi sustainability atau keberlanjutan adalah proses yang tiada henti, kita perlu memastikan setiap generasi memiliki pihak-pihak yang memimpin, melakukan inovasi, melakukan gebrakan, serta mendorong perubahan-perubahan. Jadi, nyala apinya tidak pernah berhenti. Menurut saya, para generasi muda sekarang, termasuk para peserta, sudah memiliki aktualisasi diri tersebut. Program “Every U Does Good Heroes” bantu kami yang sudah terjun terlebih dahulu untuk mengarahkan, memberikan stimulus energi dan kekuatan, sehingga mereka bisa melesat lebih tinggi dan turut mengatasi permasalahan lingkungan yang kompleks dan cukup besar seperti saat ini.” Stevia Angesty - Co-Founder Feelwell Ceramics Mentor pilar II: Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat “Menjadi bagian dari “Every U Does Good Heroes” merupakan pengalaman yang luar biasa karena saya bisa berbagi ilmu untuk merintis bisnis social enterprise kepada generasi muda Indonesia yang bersemangat dalam membuat perubahan. Saya juga senang sekali bisa belajar banyak dari seluruh peserta yang idenya keren-keren dan inovatif. Bahkan beberapa isu sosial yang sempat terlintas juga di benak saya dan membuat saya bertanya-tanya ‘kok ga ada yang menyelesaikan isu ini, ya?’ ternyata justru muncul dan coba diketengahkan oleh para peserta. Selamat bagi para pemenang dan juga seluruh peserta, tetap semangat, saling terus melengkapi dan menginspirasi, bersama kita bisa berjuang mewujudkan dunia yang lebih baik!” Helga Angelina Tjahjadi - Pendiri Burgreens & Green Rebel Foods Mentor pilar II: Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat ”Saya senang sekali bisa ikutan jadi bagian dari program yang keren ini, karena buat saya “Every U Does Good Heroes” memberikan platform untuk teman-teman yang punya ide hebat dan punya dampak baik untuk Indonesia tapi mungkin bingung mau mulai dari mana. Teman-teman di program ini sudah belajar banyak dari para mentor yang sudah menjadi praktisi di berbagai bidang dengan penuh dampak dan akhirnya juga mendapatkan microgrant. Semoga akhir dari acara ini adalah awal untuk gerakan super keren yang temen-temen miliki. Selamat untuk 10 pemenang Every U Does Good Heroes yang sudah terpilih dan best of luck untuk gerakan kamu. Yuk, bareng-bareng kita bikin Indonesia lebih adil, sejahtera, hijau dan inklusif!” Ayu Kartika Dewi - Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id Mentor pilar III: Berkontribusi pada Masyarakat yang Lebih Adil dan Inklusif "Menurut saya, seluruh peserta program “Every U Does Good Heroes” memiliki potensi yang luar biasa. Antusiasme mereka mengingatkan saya pada awal terbentuknya program ‘Sabang Merauke’ yang saya rintis bersama teman-teman 9 tahun lalu, yang juga berawal dari sebuah kompetisi. Meskipun grant yang kami dapatkan waktu itu tidak seberapa, namun buat saya pengalaman itu sangat berarti, karena membuat saya dan teman-teman bangga bahwa artinya ada orang lain yang juga percaya dengan ide kami. Kepercayaan diri itulah yang menjadi api untuk kami melanjutkan perjalanan sampai sekarang. Jadi, saya berharap potensi yang sudah dimiliki para peserta ini semakin diperbesar, dan dilengkapi juga dengan semangat serta ketulusan hati untuk membantu atau membuat perubahan. Menang atau tidak menang sebenarnya bukan hal yang penting, asalkan mereka terus memetik energi demi energi di sepanjang perjalanan mereka nanti. Jadi saya sih percaya banget, mereka akan bisa membuat Indonesia menjadi tempat yang lebih baik!" Nicky Clara - Disability Womanpreneur Mentor pilar III: Berkontribusi pada Masyarakat yang Lebih Adil dan Inklusif ”Seluruh peserta dan pemenang progam ini perlu mengingat bahwa di depan nanti, tantangan pasti akan ada, baik secara internal maupun eksternal. Tetapi satu hal yang selalu kita harus ingat adalah: 'It always starts with WHY and DREAMS'. Start with the small step, but with a big dream - keyakinan ini yang aku pegang saat memulai kepedulianku terhadap pemberdayaan teman-teman disabilitas Indonesia. Dari mimpi, aku untuk bisa membantu bukan hanya teman-teman disabilitas yang ada di lingkungan sekitarku, tetapi juga di berbagai wilayah Indonesia. Jadi, bagi seluruh millennials ataupun teman-teman yang memiliki WHY yang jelas, lanjutkan dengan memiliki mimpi untuk melakukan perubahan berkelanjutan bagi Indonesia.” Tentang Unilever Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, dan produk Makanan dan Minuman yang produknya digunakan oleh 2,5 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Unilever memiliki total kurang lebih 149,000 karyawan dan secara global pada tahun 2021 berhasil membukukan penjualan sebessar €50.7 juta. Lebih dari separuh bisnis Unilever ada di negara maju dan berkembang. Kami memiliki total kurang lebih 400 brands di dunia termasuk brand seperti Dove, Lifebuoy, Knorr, Magnum, Rinso dan brand lain seperti Beauty & Planet, Hourglass, Seventh Generation dan The Vegetarian Butcher. Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4.000 karyawan dan sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut. Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2021, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp30 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp20 triliun dan Rp10 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp4,4 triliun. Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit). Kami memiliki rekam jejak yang panjang sebagai perusahaan yang progesif dan bertanggung jawab. Rekam jejak ini dimulai pada saat pendiri kami, William Lever, 100 tahun yang lalu memperkenalkan sabun pertama yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, yaitu sabun Sunlight. Purpose atau tujuan mulialah yang menjadi jantung dari bisnis kami hingga hari ini. ‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggung jawab, hal ini termasuk: ? Meningkatkan kesehatan planet ? Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta ? Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif Meskipun masih banyak hal yang harus kami lakukan, kami bangga telah diakui pada tahun 2020 sebagai pemimpin sektor dalam Indeks Keberlanjutan Dow Jones dan - selama sepuluh tahun berturut-turut - sebagai perusahaan dengan peringkat teratas dalam survei Pemimpin Keberlanjutan GlobeScan / SustainAbility 2020.
Editor: Marketing Exabytes