Google buka sayembara Rp 14 miliar bila bisa bobol keamanan ponsel Pixel



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Dalam program bug bounty yang digelarnya, Google belakangan menaikkan jumlah reward untuk hacker yang bisa membobol smartphone Pixel.

Nilai iming-iming hadiahnya mencapai 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar.

Syaratnya, sang peretas mesti menemukan cara untuk melakukan "remote code execution". Akses tersebut harus bisa memberikan akses berkesinambungan ke perangkat Pixel 3 atau Pixel 4.

Baca Juga: Jadi sosok Google Doodle hari ini, berikut profil Ani Idrus

Dengan kata lain, lomba meretas itu dibuat Google untuk membuktikan serta menguji kemampuan chip keamanan Titan M yang ditanamkan pada ponsel Pixel miliknya.

Chip keamanan tersebut pertama kali dibenamkan oleh Google pada Pixel 3 yang dirilis tahun 2018 lalu. Chip ini kemudian kembali hadir pada Pixel 4 yang belum lama ini diperkenalkan.

Titan M berperan menghadang upaya peretasan yang dilakukan terhadap perangkat ponsel Pixel 3 atau Pixel 4, seperti dengan mencegah loading malware dan mengamankan informasi password.

Selain itu, seperti dihimpun KompasTekno dari Forbes, Sabtu (30/11/2019), Google turut menawarkan hadiah hingga 1,5 juta dollar AS (Rp 21 miliar) untuk hacker yang bisa menemukan celah keamanan di OS Android versi developer preview.

Editor: Azis Husaini