Marketing sales emiten properti baru 40%



JAKARTA. Pencapaian pendapatan pra-penjualan atau marketing sales sejumlah emiten properti hingga akhir Agustus 2016 masih suram. Proyeksi Mandiri Sekuritas, pencapaian marketing sales maksimal hanya mampu memenuhi 63% dari target.

"Secara rata-rata, pencapaian pendapatan pra-penjualan periode delapan bulan masih sekitar 40% dari target marketing sales tahun ini," ujar Liliana S. Bambang, analis Mandiri Sekuritas dalam risetnya, Selasa (13/9) lalu. Dia memperkirakan, investor masih sibuk mempelajari dan melaporkan amnesti pajak.

Hanya beberapa perusahaan mengantongi lebih dari separuh target pra-penjualan. Misalnya, PT Ciputra Surya Tbk (CTRS), PT Jaya Real Property (JRPT), dan PT Bumi Serpong Damai (BSDE). Sampai Agustus, CTRS jadi emiten yang paling signifikan memenuhi target yang dibidik.


Perkiraan Liliana, pra-penjualan CTRS mencapai Rp 1,89 triliun atau 63% dari target sebesar Rp 3 triliun. Selama kuartal II 2016, mereka meluncurkan tiga proyek sekaligus yaitu perumahan Citraland Bandarlampung, Cornell Apartements, serta Denver Apartements.

Sementara JRPT bisa mengantongi pendapatan prapenjualan sebanyak Rp 1,32 triliun atau 55% dari target tahun ini Rp 2,42 triliun. Hanya, Arum Prasasti, Sekretaris Perusahaan JRPT, belum bisa membeberkan pencapaian Jaya Real per Agustus.

Yang jelas, menurut Arum, sampai kuartal II JRPT mengantongi prapenjualan sekitar Rp 1,03 triliun, dengan kontribusi 65% berasal dari proyek di Bintaro. JRPT optimistis bisa mengejar target, mengingat akan ada dua proyek lagi yang meluncur pada Oktober dan November.

Editor: Dupla Kartini