KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebelum era bank digital dimulai, berbagai bank telah mencuri start meluncurkan produk digital lending. Lewat produk ini, perbankan memberikan kredit kepada para nasabah dengan proses digital jauh dari kata konvensional. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI (BBRI) misalnya telah memperkenalkan platform Ceria sejak akhir 2019. Hingga akhir 2020 lalu, penyaluran kredit lewat Ceria memiliki outstanding senilai Rp 21,2 juta dengan sales volume sebesar Rp 61 miliar. Pengguna Ceria ini telah mencapai 11.676 di pengujung tahun lalu. Direktur Konsumer BRI Handayani menyatakan lanskap finansial Indonesia berubah ketika digital banking menjadi katalisator perubahan pilihan dan perilaku nasabah. Peta jalan strategi konsumer banyak ditata ulang menghadapi perubahan ini baik dari sisi konsumen dan kompetisi.
Sebelum era digital bank dimulai, bank konvensional memacu digital lending di 2021
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebelum era bank digital dimulai, berbagai bank telah mencuri start meluncurkan produk digital lending. Lewat produk ini, perbankan memberikan kredit kepada para nasabah dengan proses digital jauh dari kata konvensional. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI (BBRI) misalnya telah memperkenalkan platform Ceria sejak akhir 2019. Hingga akhir 2020 lalu, penyaluran kredit lewat Ceria memiliki outstanding senilai Rp 21,2 juta dengan sales volume sebesar Rp 61 miliar. Pengguna Ceria ini telah mencapai 11.676 di pengujung tahun lalu. Direktur Konsumer BRI Handayani menyatakan lanskap finansial Indonesia berubah ketika digital banking menjadi katalisator perubahan pilihan dan perilaku nasabah. Peta jalan strategi konsumer banyak ditata ulang menghadapi perubahan ini baik dari sisi konsumen dan kompetisi.