KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsumsi rumah tangga selama bulan Ramadan rutin selalu meningkat. Belanja bahan-bahan kebutuhan pokok naik pesat. Namun, bulan puasa tahun ini bakal beda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi virus corona (Covid-19) telah mengubah cara berbelanja masyarakat saat ini. Jika bulan Ramadhan tahun lalu mekanisme berbelanja masih lebih banyak menggunakan cara-cara konvensional, tahun tampaknya akan didominasi belanja online. Himbauan jaga jarak hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bikin aktivitas di luar rumah sudah semakin terbatas. Baca Juga: Tahun ini diproyeksi turun, Ini 10 BUMN penyetor dividen terbesar tahun 2019
Perbankan yang selalu memanfaatkan momen Ramadan mencari cuan tak tinggal diam. Promo-promo yang diusung pada momentum kali ini difokuskan untuk mendongkrak transaksi belanja online. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) misalnya, mengeluarkan kampanye promo #antimatigaya di rumah. Lewat program ini, bank pelat merah ini menyuguhkan berbagai pengalaman kegiatan transaksional yang dapat dilakukan nasabah cukup di rumah saja mulai sejak bangun pagi, beraktivitas hingga beristirahat malam hari. Promo-promo yang diberikan tersebut bisa dilihat di website perseroan. Dengan adanya berbagai pembatasan aktivitas di luar rumah, Bank Mandiri saat ini lebih fokus pada peningkatan layanan online melalui e-channel untuk kemudahan transaksi agar mendukung arahan pemerintah untuk beraktivitas #dirumahaja.